Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Diduga Menggelapkan Uang, Investor Asal Tiongkok Divonis 3 Tahun Penjara

Tim Pengacara sedang mejelaskan kronologisnya.

Postnewstime|Jakarta- Investor berkewaraga negaraan Tiongkok, Yu Jing, divonis 3 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Yu Jing selaku Direktur Utama PT Merge Energy Sources Development (MESD) yang merupakan anak usaha Merge Mining Holding Limited (MMHL) ini divonis atas dugaan tindak pidana penggelapan dalam jabatan yang melanggar Pasal 374 KUHP juncto 64 KUHP.

Salah satu penasihat hukum Yu Jing, Anton Indradi, mengatakan bahwa kasus ini sangat menakutkan dan dapat berdampak negatif bagi dunia investasi asing di Indonesia.

"Padahal pemerintah saat ini sedang menggenjot investasi asing dengan mempermudah perizinan dan kepastian hukum. Sementara dalam kasus ini justru investor asing malah mendapatkan sebaliknya, klien kami seperti dizalimi" tambahnya.

Baca juga:Penjarakan Investor Asing, PN Jakut Dinilai Rusak Iklim Investasi

Kasus ini berawal dari laporan yang dibuat oleh pihak Agritrade Resources Limited (ASL) terhadap Yu Jing kepada Bareskrim Polri dengan dugaan penggelapan dalam jabatan sebagai Direktur Utama PT Merge Energy Sources Development (MESD) yang merupakan anak usaha Merge Mining Holding Limited (MMHL).

"Klien kami dituduh menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi. Semua pembuktiannya terdengar hanya berdasarkan asumsi. Bahkan pihak penerima uang yang ditransfer tidak pernah diperiksa sama sekali," tutur Anton.

Menurutnya, hingga persidangan berakhirpun, penuntut umum ‎tidak pernah membuktikan dakwaan jika uang tersebut benar-benar dipakai untuk kepentingan pribadi Yu Jing seorang. Jaksa justru menyerahkan pembuktian kepada pihak Yu Jing.

"Baik putusan maupun pembuktian dakwaan, tidak sesuai ketentuan hukum beracara. Jika memang Yu Jing dianggap melanggar perjanjian terkait penggunaan uang, harusnya ditarik ke ranah perdata, ini malah dipotong, dipaksa ditarik ke ranah pidana," tambah Tegus Samudra selaku kuasa hukum Yu Jing lainnya.

"Klien kami waktu itu sampai bilang ketika pembelaan; 'Untuk apa saya menggelapkan uang saya sendiri? Itu kan uang saya hasil jual saham MMHL'," ucap Anton menirukan perkataan Yu Jing.

Jurnalis: Putra |Sheila

Post a Comment

0 Comments