Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Kodim Cilacap Serahkan 5 Unit Rumah Hasil Rehabilitasi RTLH


PostNewstime, Cilacap – Kodim 0703/Cilacap  menyerahkan rumah kepada warga yang kurang mampu  hasil dari program RTLH (Renovasi Rumah Tidak Layak Huni) pada Selasa (12/3/2019). Program tersebut merupakan kerja sama antara Kodim 0703/Cilacap dengan Pemerintah Daerah dan PT Pelindo III Cilacap.

Pada program ini, Kodim 0703/Cilacap selaku pelaksana menyerahkan 5 unit rumah secara simbolis kepada warga kurang mampu yakni, Bapak Sansapan (Alm), Sayan, Salwiyem, Marsiyem dan Bapak Jumono. Penyerahan hasil renovasi RTLH secara terpusat di Jalan Rau RT. 03 / RW. 01  Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) melalui Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Marjono  menerangkan, sebelum direhabilitasi rumah tidak layak huni milik Sansapan (Alm)  cukup memprihatinkan. Banyak bagian rumah yang terbuat dari kayu dan bambu sudah lapuk dimakan usia. Selain itu, banyak bagian atap rumah yang bocor.

"Kondisi tersebut sungguh memprihatinkan dimana rumah Sansapan (Alm) kondisi rumah seperti itu. Apalagi kondisi penghuni janda yang telah ditinggal suaminya meninggal dunia," kata Pasiter.

Dia mengatakan, usai direhabilitasi kondisi bangunan rumah tersebut sudah lebih layak huni dan sehat. Dinding bagian depan sudah ditembok dengan batu bata. Begitu pula dengan dinding bagian samping rumah di kontruksi dengan Kasibord. Lantai juga diplester
serta bagian atap rumah yang bocor sudah diperbaiki.

"Terima kasih Pak Dandim Cilacap, Pak Koramil, dan Bapak Babinsa. Rumah saya sudah dibangun sebaik ini. Hanya itu, kami tidak bisa berkata apa-apa lagi," kata istri Sansapan (Alm) terharu.

Dalam sambutan Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto melalui Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf A. Rofiq Alfian mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah wujud kepedulian TNI melalui program RTLH kepada warga masyarakat yang tidak mampu.

"Kondisi rumahnya yang memperihatinkan kami upayakan renovasi melalui Program RTLH yang didanai oleh PT. Pelindo III Cilacap dan Pemerintah Daerah yang  bekerjasama dengan Kodim 0703/Cilacap," terangnya.

Dandim melanjutkan, pihaknya hanya dapat merealisasikan pembangunan 5 unit rumah  dalam program ini, Kodim 0703/Cilacap memang hanya mendapat jatah 5 unit rumah untuk direnovasi.

"Saya berharap kepada seluruh jajaran Koramil nantinya kalau ada Program RTLH lagi hendaknya juga memperhatikan rumah-rumah masyarakat lainnya yang kondisinya masih kurang layak huni," pintanya.

"Kepada semua pihak yang telah membantu program RTLH ini saya menyampaikan terima kasih. Hal tersebut wujud bakti kita kepada masyarakat semoga menjadi catatan amal jariah kita semuanya," imbuhnya.

[ Sutaryo ]

Post a Comment

0 Comments