Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Berkat JKN-KIS Keluarga Ini Tidak Pernah Bingung Soal Kesehatan


 
Awalludin Kaswari- Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)

Postnewstime|Jakarta - Program JKN-KIS merupakan program negara yang sangat familiar bagi Awalludin Kawari (35) Berbekal cerita dari orang-orang sekitar, Awal, panggilan akrabnya, tidak bingung dalam memanfaatkan Program JKN-KIS bagi kebutuhan kesehatan keluarganya.

Ditemui wartawan Awalludin mengatakan, pertama kali tahu Program JKN-KIS pada tahun 2014 untuk satu keluarga dengan status Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada saat itu anaknya yang berusia enam bulan sedang sakit muntaber. 

" Ketika itu anak saya dirawat selama kurang lebih empat hari. kami ke IGD terlebih dahulu dan anak Saya langsung ditangani saat itu juga. Setengah tahun kemudian saya bekerja, akhirnya kepesertaan kami sekeluarga berubah menjadi PPU dengan hak rawat kelas 2,” kata Awal pada saat ditemui pada Kamis (23/05).

Setahun kemudian anaknya yang bernama Surya Hermawan, dirawat kembali di rumah sakit dengan penyakit yang sama yaitu muntaber. Namun pada saat itu keadannya lebih parah daripada setahun yang lalu. 
Anak Awal dirawat selama kurang lebih empat hari dan ditangani langsung oleh dokter anak. Ketika dua kali dirawat tersebut Surya selalu diberikan obat pada saat pulang ke rumah, kemudian selalu mendapatkan jadwal kontrol seminggu setelah dirawat. Pada saat kontrol pun Surya juga mendapatkan obat dari dokter yang merawatnya.

“Selama anak saya dirawat, keluarga kami tidak perlu membayar biaya pelayanan kesehatan. Tidak hanya untuk anak saya, isteri saya juga melahirkan menggunakan kartu JKN-KIS bahkan mertua juga menggunakan kartu JKN-KIS. Ketika kami sakit ringan pun juga tidak lupa menggunakan kartu JKN-KIS. Saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan apapun baik untuk anak-anak, isteri, maupun saya sendiri," ujarnya.

Menurut Awal, dirinya juga memiliki Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) favorit. Masing-masing dari anggota keluarganya kata dia terdaftar pada FKTP favorit masing-masing. 

" Kami berharap Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dapat terus berjalan," imbuhnya.

Tak sampai di situ, ia pun berkomitmen mengajak kerabat dan keluarga besarnya untuk rajin membayar iuran tepat waktu, serta memanfaatkan kartu JKN-KIS sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

(AMY)

Post a Comment

0 Comments