Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila di Pemkab Banyumas


Postnewstime l Banyumas - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Anita Dani Wardhana menghadiri upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Ke-74 Tahun 2019, di Alun-alun Purwokerto, Banyumas, Sabtu (01/06/2019).


Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara yang mengusung tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila", Bupati Banyumas Ir.Ahmad Husein. 

Dalam sambutannya Bupati Banyumas membacakan amanat tertulis Plt. Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono, menyampaikan Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. 


"Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.  Dalam konteks itulah sesuai dengan pesan Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan", paparnya. 

Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu Bangsa. 


Dikatakan, sebagai bangsa besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah, sesuai apa yang oleh Bung Karno pernah disebut "JAS MERAH".

"Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi Negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan Nasional (National Pride)", tegasnya. 


"Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan "Piagam Jakarta" oleh "panitia kecil" tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945", jelasnya. 

Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, dengan demikian kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.


Turut hadir pula dalam upacara memperingati Hari Lahir Pancasila diantaranya segenap jajaran Forkopimda Banyumas, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Banyumas, seluruh ASN, anggota TNI-POLRI dan para pelajar yang ada di Kab.Banyumas.


Jurnalis : Didi / S.roto

Post a Comment

0 Comments