Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Demi Pencari Suaka, Kemenko Polhukam Akan Bentuk Satgas Khusus Pengungsi

Irjen. Pol. Drs. Carlo Brix Tewu


Postnewstime | Jakarta - Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen. Pol. Drs Carlo Brix Tewu, meninjau langsung pengungsi pencari suaka di gedung kosong, Jl. Bedugul, Kawasan Komplek Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, pada Senin (29/7/2019) sore.

Carlo mengatakan bahwa pemerintah Indonesia tetap konsen terhadap para pengungsi. Tapi perlu diingat bahwa Indonesia bukan negara yang ikut dalam penandatangan konvensi PBB ( tentang pengungsi). Jadi pemerintah tak memiliki kewajiban menerima apalagi menempatkan para pengungsi ini.

" Justru kita pertanyakan kemana negara-negara yang ikut dalam penandatangan itu, kemana mereka punya keperdulian terhadap warga pengungsi itu," kata Carlos, kepada wartawan dilokasi pengungsian, Senin, 29 Juli 2019 sore.

Namun demikian menurut Carlo, ini merupakan tugas dari pemerintah bagaimana melihat dari sisi kemanusiaan.  Ini kata Carlo semua sudah dilakukan, semua kementerian,  lembaga dan dinas sosial sudah bekerja.

" Kelanjutannya seperti apa, nanti akan dibicarakan secara menyeluruh oleh kementerian dan lembaga yang betul-betul bekerja dibidang pengungsi ini," katanya.

Ia melanjutkan,  Kemenpolhukam kini membentuk satuan tugas penanganan terhadap pengungsi. Karena apapun ceritanya menurut dia sudah 14000 pengungsi mereka sudah disini (Indonesia) dan menimbulkan dampak sosial.

Mantan pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Barat itu menambahkan saat ini pihaknya sedang mendorong UNHCR supaya lebih cepat mencarikan pencari suaka negara ketiga. Menurutnya dengan semakin cepatnya pencari suaka mendapatkan negara ketiga maka akan semakin bagus.

"Kami mendorong UNHCR mencarikan mereka negara ketiga, semakin cepat itu maka semakin bagus.  Tapi kita sadari itu semua tidak mudah, jadinya pemerintah juga tidak mungkin tutup mata makanya Kemensos datang kesini, Pemda DKI, Kesbangpol datang kesini semua bekerja sesuai tupoksi dan ini semua demi kemanusiaan," katanya.

Jurnalis: AMY

Post a Comment

0 Comments