Festival Ketupat Potensi Wisata Kuliner Desa Pekankamis

Advertisement

Festival Ketupat Potensi Wisata Kuliner Desa Pekankamis

Monday, 1 July 2019




Postnewstime l tembilahan,Inhil,Riau : Siapa yang tidak kenal dengan namanya Ketupat ciri khas kuliner yang sudah menjadi tradisi sejak turun temurun yang disajikan pada saat lebaran Idul Fitri


Di Desa Pekankamis Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Festival ketupat merupakan pesta rakyat yang menyajikan kuliner yang berciri khas ketupat, diantaranya ketupat rendang, Ketupat santan, dan lain sebagainya.


Sejarah dari Festival ketupat sudah ada sejak zaman kerajaan, yaitu kerajaan Indragiri Hilir , yang berpusat di Safat, dengan nama Kerajaan Mufti Indragiri dengan Sultan Syeh Abdurahman Sidiq.


Nuansa Kerajaan yang islami sehingga, sehingga memunculkan kuliner setelah lebaran atau Idul Fitri tersebut.


Pada Tahun ini Desa Pekankamis menyelenggarakan Festival di Tahun Ke - 2 , banyak perubahan yang ditampilkan dibanding Festival yang kedua.

 

Potensi perkebunan kelapa yang sangat luas, sehingga bahan baku pembuat ketupat sangat dan banyak, sehingga masyarakat sudah terbiasa dengan ketupat ini.


Sebut saja Misman Kepala Desa Pekankamis yang mencetus kembali Festival Ketupat yang sempat hilang beberapa dekade terakhir.


Festival Ketupat ini menampilkan berbagai macam perlombaan yang berhubungan dengan ketupat diantaranya Lomba membuat ketupat dengan cepat dan rapih.


Festival Ketupat Icon Desa Pekankamis yang selamanya tidak akan lepas, mendukung budaya dan kearifan lokal setempat .(ds)