Indah nya Kawasan Georpark Ciletuh Sukabumi

Advertisement

Indah nya Kawasan Georpark Ciletuh Sukabumi

Monday, 29 July 2019

PostNewsTime | Sukabumi,-Kab.Sukabumi salah satu kabupaten yang berada di  Provinsi Jawabarat yang memiliki Luas Wilayah :  4.162 km2 atau 11,21 % dari luas Jawa Barat atau 3,01 % dari luas seluruh pulau jawa.selain itu sukabumi juga memiliki Gunung,Rimba,Laut dan Pantai serta Sungai ( GuRiLaPS).

Keindahan alam yang berada di sukabumi begitu menggoda para wiatawan untuk datang ke kabupaten sukabumi pada saat saat akhir pekan atau liburan.

Salah satu tempat lokasi wisata yang sudah di kenal sejak dahulu adalah Pelabuhan Ratu, dan saat ini lokasi tersebut menjadi salah satu kawasan georpark ciletuh, bahkan  saat ini   Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkomitmen mempertahankan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sebagai Geopark Dunia setelah ditetapkan UNESCO periode 17 April 2018 hingga 16 April 2022.


“ sebagai asli kelahiran Sukabumi tentu nya saya merasa bangga akan kabupaten Sukabumi ini,karna saat ini kab.sukabumi menjadi sorotan dunia tentang tempat wisata yang di sebut kawasan georpark Ciletuh,”ungkap ujang.S ( 33 thn ) salah satu warga kecamatan pelabuhan Ratu,yang di temui team saat beliau berada di satu lokasi wisata pelabuhan ratu.Sabtu 27/07/2019.
 “akses jalan menuju kawasan georpark ciletuh saat ini sudah sangat baik,kita dapat menikmati alam selain laut yang berada di pesisisr samudra hindia ,kita pun dapat melihat keindahan lain nya seperti air terjun yang berada di wilayah puncak darma dan tempat lain nya, saya merasakan udara yang begitu segar dan sangat  indah,” jelas Ujang.S.

Di tempat terpisah tepat nya di salah satu lokasi wisata Citepus pelabuhan Ratu Yadi (45 .thn) juga penduduk asli sukabumi menyampaikan bahwa selain laut dan pantai untuk menikmati kawasan Georpak Ciletuh ini , ada beberapa lokasi yang dapat di kunjungi.

“ selain laut,pantai dan air terjun tentu nya ada beberapa hal lagi yang dapat di nikmati oleh para wisatawan seprti    kebudayaan , kampung adat, flora,pauna,dan banyak juga yang lain nya,selain itu wisatawan juga dapat menikmati sajian hidangan khas sukabumi seprti opak,wajit,ulen dan kuliner lain nya termasuk kuliner yang terbuat dari bahan Hanjeli,” terang yadi. .

“selain itu kita pun dapat melihat geiser, puncak bukit, tempat bersejarah seperti jembatan, hotel, dan makam, gua, kompleks bebatuan,, pulau, hutan, dan kawasan konservasi.lain nya yang ada di sukabumi ini, memang lah sukabumi ini salah satu kabupaten yang sangat kaya akan keindahan nya dan masyarakat nya sendiri sangat bersahaja, saya selaku warga kabupaten sukabumi berharap semoga kita semua dapat menjaga kabupaten sukabumi ini bersama,terutama kawasan Georpark Ciletuh ini, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” pungkas Yadi yang menurut pengakuan nya sehari hari dia hanya kuli serabutan saja.



( Heriyadi )