Pengabdian Terbaik Dilandasi Iman dan Dasar Negara Pancasila

Advertisement

Pengabdian Terbaik Dilandasi Iman dan Dasar Negara Pancasila

Saturday, 27 July 2019





Postnewstime l Semarang.-Kodam IV/Diponegoro menggelar misa kudus yang dihadiri para prajurit TNI, Polri dan PNS yang beragama Katolik di Balai Diponegoro, Komplek Makodam IV/Diponegoro, Watugong, Semarang (25/7/2019).

Misa kudus yang mengambil tema Peran Strategis umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri ikut dalam membangun semangat berbangsa demi keutuhan dan kedaulatan NKRI ini,  menghadirkan  Mgr Ignatius Suharyo selaku Uskup Militer Indonesia, dan Pastor Letkol (Sus) Udara Yos M.M. Bintoro, Pr. Sebagai pembicara.


Sebelum pelaksanaan Misa di Balai Diponegoro,  Uskup TNI/POLRI, Mgr Ignatius Suharyo, yang didampingi Pastor Letkol Sus Yos Bintoro, Pastor Edi Purwanto (Wakil Uskup Agung Semarang) mengadakan audiensi diterima Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Angkasa, S.E., M.M., di ruang kerjanya. 

Selanjutnya Uskup Suharyo bersama rombongan menuju Polda Jawa Tengah, mengadakan audiensi Kapolda
Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Pada siang harinya, setelah dari Polda Jateng, Uskup menyempatkan waktu sejenak berkunjung ke kantor Keuskupan Agung Semarang diterima Uskup Agung Semarang, Mgr Rubiyatmoko. 


Dari kantor Keuskupan Agung Semarang, Uskup Suharyo menuju Balai Diponegoro mengadakan Misa Kudus bersama para Prajurit TNI, POLRI dan PNS. 

Kegiatan Misa Konselebran ini dilaksanakan bersama Bapak Uskup TNI-Polri Mgr Ignatius Suharyo, Wakil Uskup TNI POLRI Pastor Letkol Sus Yos Bintoro, Pastor EDY Purwanto, Pr dan Pastor PAULUS Ardhi dari Paroki Bantul. 

Pada kesempatan ini Mgr. Ignatius Suharyo mengingatkan bahwa kita dipilih untuk melayani bangsa dan gereja dalam pengabdian terbaik yang dilandasi iman Katolik dan dasar Negara Pancasila serta demi keutuhan dan kedaulatan NKRI yang majemuk, plural dan multikultural ini.


Dan kita harus berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir  sejarah membangun bangsa ini. Para pahlawan baik dari TNI dan Polri telah mengajarkan cinta tanah air kepada kita semua.

Setelah Misa Kudus dilanjutkan sambung rasa/wawanhati. Pada acara sambung rasa, Uskup TNI/Polri Mgr Ign Suharyo mengajak seluruh anggota prajurit TNI Polri dan PNS yang hadir untuk menyanyikan lagu puji-pujian tanah air termasuk lagu Rayuan Pulau Kelapa agar tumbuh semangat patriotisme dan cinta tanah air. 

"Pujian dan pujaan kepada tanah air tercinta Indonesia itu dinilai sebagai langkah yang tepat untuk menghilangkan sekat-sekat yang ada dalam masyarakat serta mengikis budaya SARA", terangnya.

Hadir pada Misa Kudus, Irdam IV/Diponegoro, para prajurit TNI-Polri, dan PNS di wilayah Jateng dan D.I. Yogyakarta.

Jurnalis : Didi / Red