Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Peringati HUT Bhayangkara, Polres Nganjuk: Jagalah Keharmonisan dalam Bermasyarakat

Polres Nganjuk gelar HUT Bhayangkara

Postnewstime|Nganjuk - Polres Nganjuk, melaksanakan perayaan HUT Bhayangkara ke-73, bertempat di alun-alun Berbek  Nganjuk, pada Kamis (11/7/2019) lalu.

Dalam perayaan itu, digelar juga pesta rakyat dengan menyajikan bermacam kesenian tradisional dan selepuk bhayangkari. Sedikitnya ada 10 pelaku seni yang mengisi acara tersebut, diantaranya seni reog, seni jaranan, tari bhayangkari dan beberapa kesenian lainnya.


Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta

Hadir pada acara itu, Dandim 0810, Ketua DPRD Nganjuk, Ketua Rumkit Bhayangakara Nganjuk, Camat, Danramil, Kapolsek se Kabupaten Nganjuk, Kades se Kabupaten Nganjuk dan komponen masyarakat lainnya. 


" Alasan mengapa pesta rakyat di pusatkan di alun-alun Berbek adalah karena Berbek merupakan kota asal Nganjuk yang menyimpan banyak cerita bersejarah berdirinya kota Nganjuk dengan bunyi Anjuk Ladang," tutur Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, kepada wartawan usai pagelaran, Kamis (11/7/2019) lalu.

Baca juga:Kapolres Nganjuk Gelar Bhakti Religi Pura Kerta Bhuana Giri Wilis

Kegiatan itu dilaksanakan dari pagi hingga malam hari yang puncaknya adalah pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki-Cahyo Kuntadi dengan lakon "Sengkuni Gugur".

Menurut Dewa, dengan topik ini masyarakat di harapkan dapat memahami permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi tengah tengah kehidupan bermasyarakat.

" Wayang merupakan media yang sangat tepat untuk menyampaikan misi itu, di samping sebagai upaya untuk tetap menjaga kearifan budaya lokal juga sebagai sarana untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat agar bisa bersinergi dengan komponen masyarakat lainnya," ujar Dewa.

Pada kesempatan itu Kapolres juga menegaskan akan merekomendasikan seorang pejuang Polri di Nganjuk yang sangat berjasa di tubuh Polri dan patut menjadi catatan sejarah.

Lebih lanjut ia mengatakan sebagai penghargaan tertinggi akan mendaftarkan beliau sebagai Pahlawan di Kepolisian agar menjadi IKON di tahun 2019 ini. 

Dewa juga menghimbau pada seluruh masyarakat Nganjuk untuk tidak mudah mempercayai maraknya berita hoax, baik dari medsos maupun isu-isu di masyarakat yang belum tentu kebenarannya. Sebab menurut dia akan merusak tatanan hidup yang ada di masyarakat, apalagi Indonesia baru saja melaksanakan agenda besar yaitu PEMILU 2019.

" Saya berharap peran serta dari seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat," imbuhnya.

Setelah menyerahkan Gunungan Wayang Kulit pada dalang,.kemudian Dewa membaur bersama seluruh masyarakat Nganjuk untuk menyaksikan pegelaran wayang kulit semalam suntuk.

Laporan : My Yiang| Hendra, Nganjuk, Jatim
▪Editor     : Amy

Post a Comment

0 Comments