Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas Hidup Perempuan, DP3AP2KB Kota Tangerang Gelar Pelatihan

Advertisement

Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas Hidup Perempuan, DP3AP2KB Kota Tangerang Gelar Pelatihan

Sunday, 21 July 2019



PostNewsTime-Tangerang.Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah dari Pemerintah Kota Tangerang, melalui kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) menggelar beberapa pelatihan yang ditujukan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup perempuan di Kota Tangerang.


”Ada 26 pelatihan yang akan dilaksanakan selama tahun 2019 ini, dan sampai saat ini sudah terlaksana 4 pelatihan.” Ucap Hj Neneng Ely, SH, MM selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan yang saat itu didampingi oleh Yusnidar Simatupang, AMK selaku Kepala Seksi PHKP.Pernyataan tersebut diaminkan oleh Yusnidar saat menjelaskan bahwa dari 26 pelatihan tersebut direncanakan akan disasar sebayak 2 kelompok yakni Warga/masyarakat miskin dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dimana masing-masing kelompok akan mendapatkan 13 pelatihan yang tersebar di tiap-tiap kecamatan.


Dalam setiap pelatihan tersebut, ada 50 orang peserta latih yang akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, yang mana diharapkan akan dapat membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peserta tersebut.Selain itu
Perempuan dan para ibu tersebut dapat memiliki penghasilan sendiri dan dapat lebih bisa menumbuhkan kreativitasnya untuk pengembangan hasil pelatihan itu sendiri.


Empat lokasi yang telah dilaksanakan yaitu 2 lokasi pelatihan bagi warga miskin yaitu di Kecamatan Karawaci dan Pinang. Sementara pelatihan bagi UMKM telah dilaksanakan di Kecamatan Pinang dan Ciledug.


Ada perbedaan yang sangat jelas pelatihan bagi 2 kelompok ini. Bagi kelompok masyarakat miskin dilakukan pelatihan yang sifatnya produktif seperti membuat siomay, membuat dimsum, membuat sirup, kerajinan tangan dan lainnya, yang mana hasilnya berupa produk makanan dan kerajinan yang siap dipasarkan. Sementara pelatihan bagi UMKM merupakan kelanjutan dari pelatihan tahun yang lalu. Bila pada tahun yang lalu mereka dilatih produksi, maka tahun ini mereka dilatih cara pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Jadi mereka dilatih cara membuat web, memasarkan dan mempromosikan produknya melalui Instagram, Whatsapp, dan media sosial lainnya.


Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Drs. H. Heryanto, MAP dalam kesempatan lain mengharapkan bahwa dengan adanya pelatihan-pelatihan ini, masyarakat menjadi mampu untuk memanfaatkan momen yang sangat bermanfaat ini sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan bahkan mungkin tidak saja hanya menjadi penghasilan tambahan tapi dapat menjadi penghasilan utama nantinya. Sekaligus beliau mengharapkan agar
kegiatan ini dapat menumbuhkan  dan menguatkan sentra usaha ekonomi yang berbasis rumah tangga dan menjadi salah satu pilar strategi bagi ekonomi kerakyatan, yang mana sudah terbukti bahwa usaha ekonomi Mikro, Kecil dan Menengah adalah usaha yang paling tidak terpengaruh pada saat krisis moneter di masa lalu.


Usman/Haryo