Warga Protes, Sejumlah Pohon di Sepanjang Jalan Pemalang di Tebang

Advertisement

Warga Protes, Sejumlah Pohon di Sepanjang Jalan Pemalang di Tebang

Friday, 19 July 2019


Postnewstime|Pemalang- Demi untuk kepentingan bisnis, sejumlah oknum masyarakat menebang pohon secara ilegal. Seperti nampak terlihat disepanjang jalan Pemalang kearah selatan yang masuk wilayah Kecamatan Pemalang, Kecamatan Bantarbolang dan Kecamatan Randudongkal, Jawa tengah.



Disepanjang wilayah ini, sejumlah pohon yang berdiri dipinggir jalan DPU Bina Marga telah tumbang. Padahal dengan adanya pohon sanngat bermanfaat untuk kenyamanan dan juga bisa menyerap polusi udara.

" Ini sangat bermanfaat, apalagi disaat-saat musim panas, bisa untuk kesejukan alam," tutur Ketua LSM KPSKN Pemalang, Jimy, Jumat (19/7/2019).

Jimy mengatakan pohon-pohon yang berjejer disepanjang jalan di Pemalang sudah ditanam puluhan tahun lamanya. Namun kini dirusak oleh tangan-tangan jahil para oknum demi kepentingan pribadi.

" Kan dengan adanya tanaman rindang, bisa membuat udara menjadi segar dan sejuk," ujar Jimy.

Ia menyebutkan beberapa pohon seperti sono keling yang seharusnya dilindungi pemerintah, kini tinggal pongkolnya saja.

" Kami masyarakat  sangat tidak setuju dengan menebang pohon yang sebetulnya tidak membahayakan pengguna jalan. Terkecuali pohon yang membahayakan pengguna jalan atau mengganggu.  Itupun paling dipangkas, mengantisipasi bila musim hujan dan musim kemarau," imbuhnya.

Jimy berharap kepada dinas terkait untuk bisa melihat dampak kedepan. Apalagi penebangan ini menjadi lahan bisnis semata. Masyarakat berharap ke pada dinas terkait untuk menindak tegas penebangan tersebut.

" Saya sebagai masyarakat berharap, mari kita jaga kelestarian pohon-pohon itu yang sudah ditanam berapa puluh tahun yang lalu," pungka. (S.roto)