KKN 25 UMM Gelar Kegiatan Dokter Kecil

Advertisement

KKN 25 UMM Gelar Kegiatan Dokter Kecil

Thursday, 8 August 2019

KKN 25 UMM MENYELENGGARAKAN KEGIATAN DOKTER KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGGERAKKAN KESADARAN AKAN KESEHATAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR



Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah dengan upaya pendidikan dan kesehatan yang diselenggarakan di sekolah. Rendahnya pengetahuan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penanganan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada SDN 1 dan SDN 2 Tanggung, Turen membuat pentingnya kesadaran sejak dini.

Melalui Penyuluhan program kegiatan Dokter Kecil pada tanggal 6 Agustus 2019, yang diselenggarakan oleh kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 25 Universitas Muhammadiyah Malang desa tanggung, Turen.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah mengikuti pelatihan, untuk ikut melaksanakan usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Sasaran Dokter Kecil itu sendiri adalah siswa dan siswi kelas 4 dan 5 yang berprestasi dan telah dipilih oleh guru dari masing-masing sekolah.

Materi yang diberikan melalui kegiatan ini adalah berupa PHBS yang meliputi cuci tangan, P3K berupa pengobatan luka, penanganan pingsan, penanganan mimisan, dan etika batuk yang disampaikan dengan cara presentasi sekaligus praktek langsung baik melalui peragaan secara langsung oleh peserta KKN maupun melalui video. Siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ini, langsung turun tangan dengan cara simulasi, kemudian juga ada praktek mengenai cara cuci tangan yang baik dan benar melalui 6 langkah. Acara berlangsung seru dan meriah, terutama ketika mempraktikan cuci tangan yang ditampilkan melalui video.

Setelah semua materi selesai disampaikan, masih ada serangkaian kegiatan berupa pemilihan siswa dan siswi sebanyak enam orang yang kemudian akan dijadikan sebagai Dokter Kecil. Acara ditutup dengan penyerahan kotak P3K secara simbolis oleh Kordinator Desa KKN 25  kepada perwakilan guru SDN 1 dan SDN 2 Tanggung. Diharapkan dari kegiatan Dokter Kecil ini para siswa dan siswi yang terpilih untuk dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah dan lingkungannya serta diharapkan siswa dan siswi dapat menolong dirinya sendiri, antar siswa, dan orang lain untuk hidup sehat