Peringatan Hari Koperasi ke 72 , H.Marwan Hamami ; Maksimalkan Manfaat Teknologi Informasi

Advertisement

Peringatan Hari Koperasi ke 72 , H.Marwan Hamami ; Maksimalkan Manfaat Teknologi Informasi

Tuesday, 6 August 2019


PostNewsTime |Sukabumi,-Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat. Kabupaten Sukabumi mengusung tema " Transformasi Koperasi Menuju Kemandirian Untuk Kabupaten Sukabumi Lebih Baik " dilaksanakan di lapang Walagri PTPN VIII Kec Parakansalak, Selasa (6/8) tema tersebut relevan dengan era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan perkembangan teknologi informasi, diharapkan gerakan Koperasi mampu beradaptasi dengan kondisi dan tantangan baru serta mampu mengembangkan karakter yang inovatif dan kreatif.

Menurut Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami pengembangan dan pemberdayaan koperasi sejalan dengan arah Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sukabumi yaitu Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Berbasis Ekonomi Lokal Melalui Bidang Agribisnis, Pariwisata dan Industri yang Berwawasan Lingkungan.

"Gerakan Koperasi yang inovatif dapat memulai transformasi untuk menata kelembagaan dan strategi bisnisnya sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0. Dikelola secara profesional, memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal, mengoptimalkan pelayanan secara cepat terhadap anggota sebagai pemilik dan pengguna Koperasi serta menjalankan Koperasi sesuai dengan nilai dan prinsip prinsip Koperasi," jelasnya.

H. Marwan Hamami juga menegaskan Melalui strategi bisnisnya, Koperasi harus beradaptasi untuk memanfaatkan media informasi terutama bagi Koperasi sektor riil dengan cara mengemas maupun mengolah produk lokal hasil kerajinan maupun produk lainnya melalui sistem komputerisasi dan teknologi terbarukan.

Sementara itu Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof Dr Rully Indrawan M.SI menyampaikan bahwa Koperasi kedepan bisa jadi pilar ekonomi masyarakat karena itu kementerian koperasi sangat mengapresiasi adanya acara yang akan berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat tersebut.

"kedepan koperasi akan tumbuh berkembang dan maju sehingga keberadaan bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadi solusi mengatasi persoalan ekonomi,"paparnya.

Selanjutnya disaksikan Forkopimda Kabupaten Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi, Para Kepala Perangkat Daerah dan Camat Se Kabupaten Sukabumi serta para undangan, Bupati Sukabumi Beserta Kepala Desa Nagrak Utara Kecamatan Nagrak, Desa Sukajadi Kecamatan Cimanggu dan Desa Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung Menandatangani Fakta Integritas dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis Agribisnis , Pariwisata dan Industri berwawasan lingkungan guna mewujudkan Sukabumi lebih baik
Bukan hanya pendatanganan fakta integritas, dalam kegiatan diserahkan juga Piagam Penghargaan Kepada Bapak Oping Sebagai tokoh koperasi di Kabupaten Sukabumi tahun 2019, Koperasi Karisma sebagai koperasi berprestasi, Koperasi Wibawa kalapa nunggal sebagai koperasi pegawai Republik Indonesia dengan SHU terbesar, bantuan 10 kursi roda dari dinas ketenagakerjaan, Penyerahan sertifikat dan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada ASN dan Non ASN.

(HERIYADI)