Kampung Anak Sudimara Pinang,Mengenali Minat Bakat Dan Jadikan Anak-anak Ceria,Cerdas dan Kreatif -->

Advertisement

Kampung Anak Sudimara Pinang,Mengenali Minat Bakat Dan Jadikan Anak-anak Ceria,Cerdas dan Kreatif

Selasa, 24 September 2019



PostNewsTime-Tangerang.Pada masa tumbuh kembang anak, salah satu hal penting tidak boleh dilewatkan orangtua adalah mengenali minat dan bakat anak. Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia.Minat dan bakat anak nantinya akan menjadi life skill, yaitu kemampuan khusus untuk dapat bertahan hidup dan menjadi berhasil.


Ini menjadi bekal yang sangat bermanfaat hingga mereka dewasa nanti.Guna akan hal demikian itulah Kelurahan Sudimara Pinang menyelenggarakan Program Kampung Anak yang langsung dari Pemkot Tangerang,Minggu(22 September 2019),berlangsung di Jalan Matahari,Kelurahan Sudimara Pinang,Kecamatan Pinang Kota Tangerang.


Kegiatan Kampung Anak Sudimara Pinang ini di awali dengan Parade Carnaval Anak-anak dan turut di lepas dan di buka langsung oleh Ade Fahmi Lurah Sudimara Pinang dan di hadiri unsur 3 Pilar Kelurahan Sudimara Pinang beserta jajaran staff Kelurahan Sudimara Pinang dan semua komponen masyarakat Sudimara Pinang.Memetik tema " Dengan Semangat Kampung Anak,Ayo Jadikan Anak-anak Kita Ceria,Cerdas dan Kreatif ".


Ade Fahmi Lurah Sudimara Pinang mengatakan program kegiatan kampung anak ini atas dasar menindaklanjuti arahan langsung dari Pemkot Tangerang,yang kemudian bekerja sama dengan pihak Kecamatan Pinang,Kelurahan Sudimara Pinang,LPM Sudimara Pinang,Karang Taruna Sudimara Pinang,Forum RT/RW Sudimara Pinang dan semua pihak lainnya.Program kegiatan ini harus berkelanjutan terlebih lagi Pemkot Tangerang atau Kota Tangerang menjadi Kota Layak Anak dan jadi bagian Kota Layak Anak Dunia,oleh karena itu hal tersebut harus terus menjadi motivasi kita semua dalam semangat membangun kota dengan melibatkan dan menjalin mitra kerja sama semua unsur masyarakat yang baik.


"Lewat sarana program kegiatan kampung anak ini kita bisa mengenali minat dan bakat anak-anak dan kelak menjadi bekal serta membentuk karakter anak yang ceria,cerdas dan kreatif," ucap Ade Fahmi Lurah Sudimara Pinang.


"Ayo! Jadikan tumbuh kembang anak-anak kita dengan menjaga pola gizi yang baik teratur dan maupun pola hidup displin si anak harus terus kita bimbing dan bina sehingga dapat membentuk karakter yang ceria,cerdas dan kreatif," imbuhnya.


Hal yang sama pun dikatakan oleh Sajouli Ketua LPM Sudimara Pinang, ini mengenai program kegiatan kampung anak di Kelurahan Sudimara Pinang itu memang sudah ada intruksi dari Bapak Lurah yang juga program dari Pemkot Tangerang untuk mengadakan beberapa nama-nama kampung di antaranya kami sudah melaksanakan kampung merdeka dan setelah itu kampung anak.


Sajouli pun menambahkan program kegiatan kampung anak ini bertujuan untuk atau sesuai dengan temanya "Anak Menjadi Ceria,Cerdas,dan Kreatif.Sebelum pelaksanaan kegiatan kampung anak kami mengumpulkan segenap masyarakat di Sudimara Pinang khususnya untuk anak-anak yang kami ambil untuk pesertanya dari tingkat TK,PAUD,SD dan TPA yang ada di wilayah Kelurahan Sudimara Pinang.


"Adapun lomba-lomba kegiatan program kampung anak Kelurahan Sudimara Pinang antara lain lomba carnaval,lomba mewarnai dan lomba cerdas cermat,kemudian lomba mewarnai peserta ada 104 peserta,lomba cerdas cermat mewakili masing-masing RW jadi satu RW satu regu sebanyak 6 RW terdiri 18 peserta tingkat SD," terangnya.


"Mengenai Carnaval semua di khususkan bagi masyarakat Sudimara Pinang dan seluruh RW pun dapat tampil untuk menampilkan kontigennya di acara carnaval mewakil masing-masing RWnya," sambung Sajouli.


Di samping itu,Sajouli memaparkan terkait LPM Sudimara Pinang sendiri,programnya yang sudah kami laksanakan sesuai arahan dari Pemkot Tangerang yang di mana kami di perintahkan membentuk kampung kita semacam kampung tematik,itu tiap masing-masing RW sudah masuk daftarnya nama-nama kampung untuk RW 01 ada kampung sport center dan kampung biopori,karena memang di RW 01 rawan genangan air jadi kita siasati membuat titik lumbang biopori yang sudah di tentukan ,RW 02 kampung hidroponik karena sudah tertata beberapa tanaman atau penghijauan,RW 03 kampung kuliner karena dekat dengan area kuliner,RW 04 kampung ikan hias,RW 05 kampung budaya,RW 06 kampung herbal kesemuanya sudah ada bahan-bahan buktinya berupa foto-foto dan apabila di kunjungi kami siap menunjukkan nama-nama Kampung tersebut sesuai dengan keadaan wilayah RW nya masing-masing,selain itu kami juga tetap eksis terus bersama LPM Kota Tangerang untuk di minta lapor-laporan kegiatan program kerja.


"Nanti ke depan perencanaannya kami atas nama LPM Sudimara Pinang akan terus membina dan memberdayakan masyarakat  yang ada di wilayah kami,semisalnya minat dan bakat si Anak-anak yang sudah ikut mengisi kegiatan kampung anak sesuai kreasi dan keterampilan yang di miliki masing-masing si Anak,lalu untuk cerdas cermat akan kami tata dengan baik lagi demi menunjang wawasan dan ilmu pengetahuan dan sebagainya," paparnya.


"Kegiatan ini kami saling merangkul bersama-sama berbagai unsur masyarakat antara lain pihak stake holder Kelurahan Sudimara Pinang,Karang Taruna Sudimara Pinang,Forum RT RW Sudimara Pinang maupun berbagai pihak unsur masyarakat lainnya," ujar Sajouli.


Lebih lanjut,Sajouli Ketua LPM Sudimara Pinang mengungkapkan untuk pembangunan SDM,LPM Sudimara Pinang sudah melakukan pendataan terlebih dahulu sebagai contoh kami pun turut aktif di bidang pendidikan yakni anak-anak putus sekolah sudah kita daftarkan untuk ikut serta sekolah paket,dan segala bidang pemberdayaan masyarakat akan terus lebih kami tingkatkan.


Sajouli Ketua LPM Sudimara Pinang beserta jajarannya berharap dengan adanya program kegiatan kampung anak, semoga anak-anak cita-citanya bisa tercapai dengan baik,anak-anak berbudi luhur yang baik dan cerdas,sopan santun sama orang tua atau orang yang lebih tua darinya,kreatif,berpikir positif dan kelak di masa depannya bisa membangun wilayah yang lebih maju dan sejahtera.


Usman/Haryo