Kenerja Nyata Ketua Forum Geuchik Simpang Ulim Patut Diapresiasi -->

Advertisement

Kenerja Nyata Ketua Forum Geuchik Simpang Ulim Patut Diapresiasi

Sabtu, 28 September 2019




Postnewstime | Aceh Timur - Aksi monitoring ketua forum kechik bersamaan dengan pejabat pedamping desa kecamatan simpang ulim  ini merupakan bentuk kepedulian sosial khusus dilakukan oleh ketua forum Geckhik ke simpang ulim secara iklas dan tidak ada kepentingan politik,mengingat pentingnya setiap pengelolaan Dana Desa bertujuan untuk membentuk Desa yang maju,kuat,mandiri dan demokratis.Saptu 28/9/2019.


Karena Setiap desa itu mengalami banyak perubahan, namun belum dapat mewadahi semuanya sebagaimana banyak perubahan dalam sejarah pengaturan Desa, Munculnya peraturan- peraturan tersebut juga mengatur tentang pendampingan Desa Baik ditingkat kecamatan ada Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur (PDTI) maupun ditingkat Desa /Gampong ada Pendamping Lokal Desa (PLD) yang membawahi Satu PLD empat Gampong.

Kunjungan kerja ketua forum Keuchik dikecamatan simpang ulim bersama tim pendamping desa menghimbau ke seluruh Keuchik dikecamatan simpang ulim agar bisa lebih ekstra transparan dihadapan publik dalam mengelola dana desa sesuai dengan perintah Undang Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public (KIP)."ujarnya, Ketua Forum Gechik Simpang Ulim.

"Kehadiran Pendamping Desa bertujuan untuk tercapainya penyelenggaraan pemerintahan, Meningkatkan kapasitas,efektifitas dan akuntabilitas pemerintah Gampong dalam pelaksanaan  pembangunan dan Pemberdayaan,Serta Meningkatkan prakarsa,kesadaran,dan partisipasi masyarakat Gampong dalam Pembangunan Desa.

Munawir Yusuf, yang menjabat sebagai pedamping desa mengambil peran  bagian tidak terpisahkan dari proses pemberdayaan masyarakat sebagai fungsi utama dari pendampingan itu sendiri ialah Membangun kepercayaan yang bersumber dari komitmen moral

Oleh sebab itu, pendampingan tidak hanya membawa prinsip program di mana seseorang di tugaskan, akan tetapi pendampingan juga di bawa pada komitmen moral kepada masyarakat dalam seluruh kegiatan yang dilakukan pihaknya",kata Munawir.

Sambung, "Munawir kegiatan monitoring dilakukannya bertujuan untuk menciptakan perubahan kondisi mentalitas dan kultur masyarakat Kecamatan Simpang Ulim, yang tercermin dalam  perubahan kesadaran sebagai ujung tombak pendorong kemajuan bisa tercapai,"ucap Munawir.

"Lanjutnya ,perlu diketahui bahwa pendampingan sangat dibutuhkan, supaya pengembangan masyarakat  tidak dilakukan hanya oleh aktor tunggal (Keuchik) melainkan dengan melibatkan banyak aktor yang aktif dan partisipatif. Nah. di sini lah Pendamping Desa mengambil peran. Jelas Munawir kepada awak Media,Postnewstime.
Gampong Pucok Alue Sa merupakan salah satu Gampong di antara banyak nya desa yang kerap dikunjungi oleh PD dan PLD guna untuk pembinaan dan pengawasan desa yang ada di Kecamatan simpang ulim tersebut".terangnya 

Responsibilitas dan akuntabilitas, jelas terlihat  di Gampong Pucok Alue Sa, Selain itu, minimnya jumlah sumber daya manusia, Oleh sebab itu, perlunya pelatihan khusus bagi aparatur gampong dalam Kecamatan Simpang Ulim supaya bisa lebih memahami cara membina masyarakat yang kurang memahami aturan yang berlaku ,"tegas Munawir ilyas  kepada awak media.

Selain itu Monitoring ini bertujuan untuk menganalisa kinerja Pendamping Lokal Desa serta mengetahui sejauh mana pembangunan Gampong sudah berjalan dan juga tentang pemberdayaan  masyarakat  Gampong pucok Alue Sa Kecamatan simpang Ulim beber,Habil Abdurrani salah satu Pendamping Lokal Desa yang lebih senior.

Abdullah Ishak Keuchik Gampong Pucok Alue Sa yang Kedua Kali terpilih di Pilkades beberapa bulan yang lalu dan juga Menjabat sebagai ketua Forum keuchik Kecamatan Simpang Ulim, membenarkan bahwa Gampong Dibawah binaannya paling sering dikunjungi PD dan PLD guna untuk pengawasan jalannya pembangunan di Gampong agar hasil dari pembangunan tersebut bisa bertahan lebih lama ketika dimanfaatkan oleh warganya dan juga harus sesuai dengan spek/ juknis yang ada ucap ketua Forum Keuchik Simpang Ulim

lanjut Keuchik Abdullah, kita  sebagai orang yang menjalankan roda pemerintahan ditingkat Gampong, tidak perlu takut dengan pengawasan dari pihak mana pun, bila perlu kita Hadirkan Semua Pihak terkait dalam pengelolaan Dana Desa ,baik disaat perencanaan ,pelaksanaan ,pengawasan maupun pelaporan kegiatan didesa ,Demi terwujudnya Pemerintah Gampong Yang bersih Transparan dan Akuntabel. Ungkapnya.

Jurnalis: M.Alimin