Optimalisasi TIK Dinas Kominfo Kota Tangerang Gelar Pembinaan Dan Pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat Tahun 2019 -->

Advertisement

Optimalisasi TIK Dinas Kominfo Kota Tangerang Gelar Pembinaan Dan Pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat Tahun 2019

Sabtu, 21 September 2019


PostNewsTime-Tangerang.Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengembangan kelompok informasi masyarakat tahun 2019,bertempat di Balai Warga Kampung Mengalir RT 02/01,Kamis(19 September 2019),Kelurahan Panunggangan Utara,Kecamatan Pinang Kota Tangerang.


Oleh karena itu,maksud dan tujuan utama kegiatan ini adalah optimalisasi TIK dalam mendukung KIM dan publikasi potensi kota/kampung tematik.KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri,inovatif dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan semangat membangun kota dan menciptakan masyarakat yang cerdas serta berdaya saing berjiwa akhlaqul karimah.


Materi penyampaian tentang publikasi Kampung Tematik yang akan di sampaikan langsung oleh Rizki Fitrianto salah satu Komunitas Taman Potret Kota Tangerang.Pratek teknik pengambilam video


Mualim Kepala Bidang Desiminasi Informasi Komunikasi Publik menjelaskan jadi kami dari Dinas Kominfo Kota Tangerang kami rutin mengadakan kegiatan pembinaan informasi masyarakat yang nanti rencana ke depannya untuk membentuk organisasi kemasyarakatan,organisasinya di beri nama Kelompok Informasi Masyarakat(KIM) di mana organisasi tersebut akan di tugaskan menjadi kepanjangan kami di Pemerintah Kota Tangerang terkait mengenai program-program Pemerintah daerah kepada masyarakat.


"Kami sedikit mengulas terkait kegiatan ini,karena memang di beberapa Kecamatan termasuk juga Kecamatan Pinang yang sudah terbentuk Kampung Kita.Khusus di wilayah Panunggangan Utara ini sudah terbentuk Kampung Mengalir yaitu Kampung Menata dan Jaga Aliran Air,"ucap nya.


"Kebetulan Dinas Komimfo ini identik dengan TI ( Teknik Informatika ),makanya ke depan kami juga rencana untuk  menyuntikan dan sentuhan berupa di Kampung Mengalir ini dengan Tenaga Informasi.Walaupun masyarakat nantinya ke depan memerlukan fasilitas perangkat Wifi segala macamnya,kami Dinas Kominfo bisa saling komunikasi dan koordinasi program tersebut,asalkan pemanfaatan yang telah kami fasilitasi di manfaatkan dengan hal yang baik dan positif," terangnya.


Lagi,Mualim menerangkan bahwa,masyarakat sekitarnya harus bisa menjamin pemanfaatan perangkat WIFI ini di gunakan untuk hal kemaslahatan masyarakat,jangan sampai di salah gunaka untuk hal yang negatif atau kurang bermanfaat.Kami harap ke depan jika nanti Kampung Mengalir ini menjadi salah satu contoh Kampung binaan kami,muda-mudahan kita secara bersama-sama bisa memanfaatkan fasilitas WIFI yang ada untuk kemaslahatan kita semuanya.


"Nanti ke depan kita juga sudah ada atau akan undang pula berapa narasumber dari teman-teman Komunitas Taman Potret yang juga mereka rata-rata berprofesi sebagai Jurnalis Media Nasional yang bertugas di Kota Tangerang terkait memberikan teori dari pemanfaatan teknologi informasi yang baik dan cerdas,"ungkapnya.


"Sebagai comtohnya bagaimana kita bisa mempublikasikan atau mengoptimalkan sosial media untuk pemberdayaan masyarakat,khususnya d Kampung Mengaliri wilayah Panunggangan Utara ini," tutup Mualim.


Sementara itu,Warji Lurah Panunggangan Utara mengatakan meskipun baru di tugaskan 7 bulan memimpin di Kelurahan Panunggangan Utara ini menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.Mengatur,menindak dan menata lingkungan masyarakat agar bersih,sehat dan juga bermanfaat bagi warga semuanya.Dan program ini sangat di tunggu-tunggu juga oleh warga kita dan harus kita dukung penuh pembinaan dan pengembangan kelompok informasi masyarakat.


"Mudah-mudahan ke depan program ini berjalan baik dan lancar,sehingga dapat berdampak positif untuk warga kita.Program ini pun menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya di bidang komunikasi dan informatika atau lebih trennya TI," ujarnya.


"Wadah berkumpul,bersilahturahmi dan bersinergi,apa-apa yang menjadi tugas,fungsi dan kewajiban masing-masing stake holder yang ada di Pemkot Tangerang dapat terasa berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang pada umumnya," tutur.


Ia pun Warji menambahkan,di Kampung Tematik ini,masyarakat di sini memberi nama Kampung Mengalir yang di singkat menata dan jaga intasan air.Komunitas di sini pula bernama ACIS Arus Cisadane,dan juga di kampung ini sudah berjalan satu bulan itu yakni tersedianya Bank Sampah,Rumah Baca.


"Mudah-mudahan seluruh warga di sini mempunyai niatan baik menjadikan Kampung kita,hingga semuanya jadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan dan warga sekitarnya.Selain itu semoga Kominfo mefasilitasi terhadap program pembangunan yang ada di Kota Tangerang menjadi lebih baik,masyarakatnya berdaya saing,sejahtera dan berakhlaqul karimah," imbuhnya.


"Program dan visi misi Pemkot Tangerang harus sepenuhnya kita dukung dan terus saling bersinergi dalam semangat membangun kota," tukasnya.


Usman/Haryo