Random Posts

Pasang Iklan disini hb Red 0895327076663

Mantap! P2WKSS Manis Jaya Berhasil Di Terapkan Dan Memasuki Penilaian P2WKSS Tingkat Provinsi Banten



PostNewsTime-Tangerang.Program  Peningkatan Peranan Wanita  Menuju Keluarga  Sehat (P2WKSS) adalah salah satu program yang merupakan upaya untuk meningkatkan peranan wanita dalam masyarakat menuju keluarga sejahtera dan berkualitas.Dan tepatnya Di RW 04 Kampung Cikoneng Girang Kelurahan Manis Jaya kedatangan rombongan dari Tim Pokja Penilaian P2WKSS Tingkat Provinsi Banten yang langsung di pimpin oleh Ninik Wahidin Halim Ketua TP PKK Provinsi Banten ,Senin(07 Oktober 2019),Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang.


Aini Suci ARW Ketua TP PKK Kota Tangerang mengatakan bahwa P2WKSS memang sudah waktunya di lombakan dan penilaian di tingkat Provinsi Banten.Kalau kita lihat dari awal kita datang hingga sekarang ini banyak sekali perubahannya.Perubahan itu tidak hanya bersih dan hijau tapi perubahan perilaku masyarakatnya dan pengetahuan masyarakatnya pun sudah berubah baik.


"Mudah-mudahan program P2WKSS ini tidak hanya sebagai wacana lomba akan tetapi dapat merubah perilaku hidup masyarakat,yang tadinya belum sejahtera kini sekarang sudah sejahtera," ucapnya.


"UKM untuk menghasilkan pendapatan keluarga antara lain adanya kerajinan keset yang sudah sangat berani berinovasi untuk bentuk-bentuk yang menarik,baju dengan motif yang mantap,dan sebagainya.Kita harus memiliki sifat pembeli dalam memajukan UKM yang artinya adalah kita inginnya seperti apa,harus menyesuaikan di pasaran," imbuhnya.


Di samping itu,Aini Suci ARW menerangkan tadi kita secara bersama keliling di lokasi P2WKSS,dan terdapat Kampung Tempe yang nantinya kita akan buat Kampung Tempe dan memang butuh kerja sama antara pelaku dan kita serta masyarakat sekitarnya.Limbah dan segala macamnya harus di pikirkan yang tentunya menjadi Kampung Tempe yang sehat dan bersih.


"Dan memang olahan tempe tersebut belum ada hanya menjual tempe saja,olah-olahan dan kreatifitas harus di bentuk.Di harapkan untuk para Ibu-ibu yang ada di lokasi P2WKSS bisa saling bekerja sama satu sama yang lainnya," ungkapnya.


Heryanto Kepala Dinas DP3AP2KB( Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ) Kota Tangerang pun mengatakan kegiatan ini dalam rangka penilaian P2WKSS tingkat Provinsi Banten,kami tim terpadu P2WKSS Kota Tangerang dengan maksud di mana pembangunan nasional pada hakekatnya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil,makmur yang merata pembangunan mencakup seluruh aspek kehidupan yang di selenggarakan bersama oleh masyarakat dan pemerintah.


" Salah satu upaya perubahan bersama masyarakat untuk meningkatkan peran perempuan dan pembangunan adalah melalui program terpadu P2WKSS.Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia,sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan sejahtera untuk membangun masyarakat Kelurahan dengan perempuan sebagai penggeraknya," ujarnya.


" Operasionalisasi pelaksanaan melalui lintas bidang pembangunan,implementasi kebijakan tingkat Kota Tangerang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DP3AP2KB Kota Tangerang bertindak melalui koordinasi melalui program terpadu daripada P2WKSS," lanjutnya.


Kembali,Heryanto mengungkapkan tujuan untuk meningkatkan peranan perempuan guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas dalam berbagai bidang pembangunan antara lain pendidikan,kesehatan,ekonomi,TP PKK,lingkungan,infrastruktur,agama,pemberdayaan perempuan,kelembagaan P2WKSS,dan sasaran yang dimana sasaran yang ada yaitu sebanyak 200 KK binaan di lokasi P2WKSS Kecamatan Jatiuwung yaitu Kelurahan Manis Jaya dan Kelurahan Kroncong.


" Pelaksanaan kegiatan yaitu DP3AP2KB Kota Tangerang dan berkoordinasi dengan pihak SKPD terkait BUMD dalam hal ini PDAM Kota Tangerang,Kementerian Agama Kota Tangerang,TP PKK Kota Tangerang dan Forum Kota Tangerang Sehat," paparnya.


" Kegiatan yang di laksanakan dalam pelaksanaan P2WKSS ini antara lain survey pendataan awal lokasi P2WKSS,rapat koordinasi Tim Pokja P2WKSS tingkat Kota Tangerang,pembinaan masing-masing pihak SKPD terkait secara bertahap dan berkesinambungan serta pelatihan-pelatihan yang di laksanakan oleh SKPD-SKPD terkait dan pembangunan fisik atau pemeliharaan fisik di lokasi P2WKSS oleh pihak SKPD-SKPD terkait," tutup Heryanto.


Sementara itu hal senada dikatakan, Uding Lurah Manis Jaya sasaran tujuan program P2WKSS adalah mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dengan perempuan sebagai motor penggerak utama.Indikator penilaian P2WKSS yaitu pendidikan,kesehatan,ekonomi,lingkungan,infrastruktur,agama,pemberdayaan masyarakat serta kelembagaan P2WKSS tingkat TP PKK.


" Tim Pokja P2WKSS Kota Tangerang dan dari semua dinas terjun langsung ke lokasi dan lokasi di RW 04 Kelurahan Manis Jaya juga di RW 04 Kelurahan Kroncong.Kelurahan ada Pembinaan P2WKSS dari Provinsi Banten dan Ibu Walikota Tangerang terjun langsung ke wilayah untuk mengadakan pembinaan,DP3AP2KB rapat koordinasi dengan tim OPD P2WKSS,pembinaan dan rapat koordinasi P2WKSS oleh TP PKK Kota Tangerang,Mendapat bantuan alat olah raga," pungkas Uding.


Usman/Haryo

Post a Comment

0 Comments