Memotivasi Kader Posyandu,Puskesmas Jurumudi Baru Menyelenggarakan Workshop Pemberian Makanan Bayi dan Anak ( PMBA ) -->

Advertisement

Memotivasi Kader Posyandu,Puskesmas Jurumudi Baru Menyelenggarakan Workshop Pemberian Makanan Bayi dan Anak ( PMBA )

Monday, 21 October 2019


PostNewsTime-Tangerang.Dalam rangka penanggulangan stunting di wilayahnya Puskesmas Jurumudi Baru telah menyelenggarakan berbagai upaya.Salah satu program yang terus digencarkan adalah 1000 HPK (Hari pertama kehidupan) dengan menggelar Workshop Pemberian Makanan Bayi Dan Anak ( PMBA ),di Aula Kantor Puskesmas Jurumudi Baru,Jum'at ( 11/10/2019 ),Kelurahan Jurumudi Baru,Kecamatan Benda Kota Tangerang.


drg.Sri Nurdjunaida Kepala Puskesmas Jurumudi Baru menjelaskan program 1000 HPK dapat menentukan kualitas manusia. Hal ini disebabkan karena  pertumbuhan bayi di periode emas 0-24 bulan dan bila terdapat gangguan masih bisa diperbaiki. Untuk mendukung 1000 HPK, Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Puskesmas Jurumudi Baru menyelenggarakan Workshop Pemberian Makanan Bayi dan Anak ( PMBA ).


" Kegiatan ini workshop tentang PMBA yaitu pemberian makanan bayi dan anak di mana di sini akan di peragakan bagaimana cara yang baik untuk membuat makanan yang sehat dan bersih serta bergizi,untuk umur bayi dan anak.Ini maksudnya sebagai langkah menambah pengetahuan bagi para Ibu-ibu Kader Posyandu," terangnya.


"Lalu kemudian untuk di sampaikan kepada masyarakat,bagaimana cara menyajikan makanan yang baik secara nutrisi dan sesuai dengan umur anak itu salah satu tindak lanjut kita dalam menanganggani stunting yang ada di wilayah kami(Jurumudi Baru-Kecamatan Benda),jadi program ini selain itu tadi kegiatan seribu hari pertama kehidupan," lanjutnya.


drg.Sri Nurdjunaida kembali menerangkan,bahwa workshop tersebut di jelaskan tentang cara inisiasi dini untuk Ibu yang baru melahirkan kemudian juga manfaat ASI ekslusif dengan narasumber konsultan kesehatan dari Ibu dan Anak.Peserta ini di ikuti Kader yang ada di wilayah kami,perwakilan Kader Posyandu dua orang,nanti Insya.Allah di tahun depan akan di lanjutkan dengan workshop hal yang bagi yang tidak ikut workshop pada hari ini.


" Secara garis besarnya petugas kami juga yang terkait gizi itu sudah di latih sama Dinkes Kota Tangerang tentang PMBA ini,hal ini kami tindaklanjut dari Dinas agar untuk di lanjutkan kepada para seluruh Kader Posyandu dan masyarakat.Posyandu di Puskemas Jurumudi Baru ada berjumlah 29 Posyandu dan 145 Kader Posyandu," paparnya.


drg.Sri Nurdjunaida pun mengharapkan melalui kegiatan ini kader dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik, dapat memotivasi dan memberikan pendampingan kepada sasaran yang membutuhkan Kader posyandu ini bisa menjadi penyampaian informasi program-program kesehatan lainnya kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Jurumudi Baru khususnya Kecamatan Benda.


" Sebagai Kader Posyandu harus saling transfer wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan kepada Kader-kader Posyandu yang lainnya dan minimal juga untuk keluarganya," tukasnya.


Sebagai informasi,berbagai hal yang dikupas dalam workshop ini mencakup pemberian gizi ibu hamil dan menyusui sesuai dengan porsi,pemberian ASI Eksklusif dari aspek posisi dan pelekatan yang benar,pemberian makan dengan memperhatikan umur,frekuensi,jumlah, tekstur,variasi,aktif responsi,dan kebersihannya,konseling PMBA dan pemantauan pertumbuhan dan penggunaan dan sebagainya.


Usman/Haryo