Panen Bawang Bersama Babinsa Cimanggu -->

Advertisement

Panen Bawang Bersama Babinsa Cimanggu

Jumat, 15 November 2019




Postnewstime l Cilacap- Selain melaksanakan pendampingan Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang menjadi prioritas pemerintah dalam program swasembada pangan, Babinsa Koramil 14 Cimanggu Sertu Mulyono dan Sertu Carnoyo juga melaksanakan pendampingan panen Bawang Merah. Salah satunya kepada Kelompok Tani "Suka Asih" yang ada di Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Jumat (15/11/2019).


Kegiatan panen bawang merah berada di areal lahan milik Poktan Suka Asih seluas 2 hektar. Dari lahan tersebut menghasilkan panen bawang merah dengan profitas sekitar 80 ton.  Kegiatan itu juga disaksikan langsung Camat Cimanggu Bambang Tutuko S.Sos, MSi, anggota PPL Kecamatan Cimanggu, dan diikuti oleh seluruh petani anggota Poktan Suka Asih.

Ditegaskan Sertu Mulyono, selain tanaman padi, jagung, kedelai (pajale) yang menjadi prioritas dalam suksesnya program swasembada pangan, diwilayah binaanya juga terdapat berbagai tanaman lain seperti bawang merah juga menjadi komoditi didaerah tersebut. Hal ini menjadi sumber penghasilan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu.

" Dengan adanya kegiatan panen bawang merah ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani lainnya yang ada di Kecamatan Cimanggu untuk terus bersemangat dalam mengolah sawah dan meningkatkan hasil panennya," tutur Sertu Mulyono.

Lebih lanjut Sertu Caryono menambahkan bahwa petani dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian, para petani tidah hanya terfokus pada tanaman padi, jagung dan kedelai saja namun harus bisa memanfaatkan dengan baik lahan yang kosong dengan tanaman alternatif yang sesuai dengan kondisi cuaca di wilayah tersebut.

" Hal ini bertujuan pada tercapainya ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan memenuhi bahan kebutuhan pokok dan membeli dengan harga yang sangat tinggi khususnya pada komoditi bawang merah", ujar Sertu Carnoyo.

Jurnalis :Urip /S.roto