Pentingnya Air Bersih, Babinsa Bersama Warga Benahi Sumber Mata Air Desa Klaces

Advertisement

Pentingnya Air Bersih, Babinsa Bersama Warga Benahi Sumber Mata Air Desa Klaces

Wednesday, 27 November 2019





Postnewstime l Cilacap - Mengingat betapa sulitnya mendapat air bersih yang memadai, keberadaan sumber mata air merupakan harapan bagi sebagian besar warga Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut. Sumber mata air itu tepatnya berlokasi di Dusun Klapa Kerep RT. 04 RW. 02 Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut. 


Untuk menjaga keberlangsungan sumber air agar dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan oleh warga masyarakat, 2 orang Babinsa Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703 Cilacap, Koptu Suparjo Asngari dan Koptu Andi Kusmanto berinisiatif dengan mengajak masyarakat setempat untuk melaksanakan pembenahan dengan kerja bakti penggalian dan pembersihan mata air serta pembuatan bendungan sementara. Hal itu dilakukannya bersama warga masyarakat setempat, Minggu (24/11).


Kegiatan ini juga diikuti olej Kepala Desa Klaces Sugino beserta para perangkatnya. Selain itu Ketua BPD Sadirin beserta anggota, Linmas, Tokoh Masyarakat dan anggota Karang Taruna juga turut serta berkontribusi dalam pembenahan ini.

Babinsa Klaces Koptu Suparjo Asngari menyadari bahwa sumber mata air yang berada di Dusun Klapa Kerep mempunyai potensi yang strategis bila di kelola dengan baik, terutama untuk kebutuhan air minum, mandi dan mencuci masyarakat di Dusun tersebut.


"Dengan kondisi wilayah Kecamatan Kampunglaut yang berada di sekitar daerah Segara Anakan serta terhubung langsung dengan laut, tentunya air bersih menjadi barang langka. Sehingga semua potensi yang ada ini harus di jaga dan dirawat agar dapat terus di nikmati oleh anak cucu kita nanti, "ucapnya.

Sumber mata air ini merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu ia mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama menjaga dan merawat sumber mata air ini agar bisa terus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat. 

"Kedepan kami selaku aparat teritorial di wilayah ini, memohon kepada Kapala Desa dan BPD  Klences agar bisa mengalokasikan anggaran perawatan untuk sumber mata air, melalui anggaran dana desa (DD), yang nantinya bisa dibuat bendungan yang lebih permanen, sehingga air yang diproduksi lebih maksimal untuk mencukupi kebutuhan air warga setempat," pinta Koptu Suparjo Asngari.

Jurnalis :Urip/S.roto