Sambut HJK, Koramil 07/Maos Bekerjasama Dinas KB dan BKKBN Gelar Pelayanan KB Kesehatan

Advertisement

Sambut HJK, Koramil 07/Maos Bekerjasama Dinas KB dan BKKBN Gelar Pelayanan KB Kesehatan

Friday, 29 November 2019





Postnewstime l Cilacap - Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2019, Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan Pemda dan BKKBN Kabupaten Cilacap terus menggelar kegiatan pelayanan KB Kesehatan kepada masyarakat di seluruh wilayahnya. 

Di wilayah Kecamatan Sampang, Kodim 0703/Cilacap melalui jajarannya yaitu Koramil 07/Maos, melaksanakan kegiatan bakti TNI pelayanan KB Kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas Sampang Kecamatan Sampang, Kamis (28/11).


Dengan tema, dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat guna membentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera, pelayanan KB Kes ini melayani pemeriksaan IVA guna mendeteksi adanya risiko terkena kanker leher rahim (kanker serviks) lebih dini, pelayanan KB spiral atau sering juga disebut intra uterine device (IUD) serta pemasangan kontrasepsi jangka panjang atau Implan.

Danramil 07/Maos dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Kodim 0703/Cilacap akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan Dinas Keluarga Berencana serta BKKBN, untuk memfasilitasi masyarakat guna memberikan pelayanan kesehatan dan pemasangan alat kontrasepsi secara gratis.

" Kita akan akan sekalu bersinergi dengan mereka guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pelayanan ini diberikan secara gratis, " terang Kapten Inf Joko Yunanto. 

Baginya, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang jelas memiliki peran dan nilai strategis bagi keberhasilan pembangunan. Keluarga juga merupakan wahana pertama dan utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, pelayanan KB Kesehatan ini juga sangat penting untuk membentuk keluarga yang sehat agar terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Kegiatan pelayanan KB Kesehatan ini di hadiri Camat Sampang Drs Ahmad Khaerudin, Kapolsek Sampang AKP Budi Riyadi, Kepala Puskesmas Sampang Dr. Basuki, Koordinator PLKB Kecamatan Sampang Erna beserta anggotanya.

Dari kegiatan pelayanan KB Kesehatan ini diperoleh hasil atau jumlah dari pasien KB Kes sebanyak 76 orang diantaranya Implan 26 orang, IUD 4 orang, pemeriksaan IVA sebanyak 46 orang. Sedangkan untuk MOP, MOW dan Suntik, nihil.

(Urip/S.roto)