Udin Si Pengembara, Mengadu Nasib Dikota Tangerang. -->

Advertisement

Udin Si Pengembara, Mengadu Nasib Dikota Tangerang.

Minggu, 24 November 2019


ilustrasi


Kisah Cerita nyata. 

Haerudin panggilan akrab nya udin, asli dari ciomas Serang Banten.
Datang ke kota tangerang untuk mengadu nasib.

Sesampainya di kota tangerang udin,belum ada tempat tinggal dan belum mendapat pekerjaan. 

Disaat hati dan pikiran bingung udin mampir ke warung kopi sambil duduk pikiran nya kacau. 

Tukang kopi Mpok Ida menawarkan kopi..!! 

Mpok Ida : Hey Bang Kenapa diem aja bang..?? Tanya mpok Ida ke udin. 

Udin : nteu nenaon teu..!! Jawab kang udin dengan bahasa khas Sunda.

Mpok Ida yang tidak mengerti dengan bahasa udin.. Sambil dalam hatinya bertanya tuh orang ditanya jawab nya pake bahasa apaan.. Tuh..! 

Mpok Ida :bang mau ngopi kagak bang klo mau ngopi aye buatin Nih. 

Udin pun hanya bisa diam dalam hatinya pun sama ucapan nya. 

Nah dalam suasana penuh tanya berdua datang lah. 

Said yang kebetulan satu satu Kampung dengan kang udin..!! 

Said : eh ayya udin didieu..! 

Udin : Hi,. Si said tah ieu..? 
Said : eh heu din mane raring Saha kadieu. 
Udin :Seorang id..! 
Disaat udin dan said asyik ngobrol mpok Ida si tukang warung bertanya ke said..!! 

Mpok Ida : Lah lu kenal id sama tuh orang. 
Said yang sudah lama dikota tangerang sudah ngerti. 

Said : kenal mpok itu tetangga saya satu Kampung dengan saya mpok.

Mpok ida: owgh dari tadi id dia duduk sambil ngelamun gw tawarin kopi malah jawab nya gw gak ngerti bahasa nya.! 

Said sambil tersenyum dan menjawab. 

Said :maklum mpok dia belum ngerti bahasa sini mpok..!! 

Mpok Ida : pantesan aja dia diam aja id..!! Emang nya dia baru dari Kampung id datang kesini. 

Said :Iya mpok saya juga gak tau dia mau datang mungkin mau nyari pekerjaan disini mpok..!!? Nanti saya tanya mpok. 

Said :din mane geus ngopi caun..?? 
Udin : Caun id urang keur bingung keu urang He'es dimana.!?dalam hati udin sambil berharap. 

Said :geus din tenang bae He'es jeung urang bae. 
Udin:nuhun I'd. 
Said :geus ngaropi heula,din..!

Said :mpok bikinin teman saya kopi yah mpok. 

Mpok Ida : Iy id , sambil nawarin kopi.!! 

Singkat cerita Akhirnya udin tinggal bersama dengan said dengan ukuran kamar yang sangat pas-pasan.

Ke esokan hari nya udin pergi mencari pekerjaan dengan bermodalan ijazah MTS. 

Udin yang dikampung nya dikenal rajin mengaji dipondok Pesantren datang ke kota tangerang merasa sulit mencari pekerjaan dan sampai hampir putus Asa, dengan Niat dan tekad nya akhirnya udin mendapat pekerjaan disebuah perusahaan dengan gaji pas-pasan.

Dengan gaji pas-pasan udin menjalani pekerjaan nya dengan tekun,udin pun selalu menjalankan ibadah nya dengan tekun pula. 

Sampai suatu ketika udin sedang menjalankan ibadah dimushola dekat kontrakan nya,ada seorang pemuda melihat udin rajin ibadah dan mengaji akhirnya pemuda itu meminta di ajarkan mengaji dengan udin. 

Keesokan harinya si pemuda itu ngajak teman-temanny a mengaji bersama nya hingga sampai saat ini udin mengajak ngaji. 

Bersambung. 

Penulis :Usman