Wujudkan Data Akurat dan Terpadu,DKIP Gelar Bimtek Statistik Sektoral -->

Advertisement

Wujudkan Data Akurat dan Terpadu,DKIP Gelar Bimtek Statistik Sektoral

Jumat, 22 November 2019


PostNewsTime | Sukabumi,-Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian menggelar Bimtek Pengelolaan dan Statistik Sektoral Berbasis Data Potensi Desa di Hotel Pangrango, acara dibuka oleh Kepala DKIP, R. Djoni Bambang Sunyoto, Kamis ( 21/11/2019).

Bimtek ini berorientasi Meningkatkan keterampilan teknis pengelola data dalam menggunakan teknologi metode dan sistem informasi sehingga mampu mewujudkan data yang akurat terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut H. Irwan Fajar selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh 100 orang peserta pengelola data sektoral Kecamatan dari 47 Kecamatan se Kabupaten Sukabumi.

"Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman kepada pengelola data diseluruh perangkat daerah dalam pengelolaan data statistik sektoral,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosan, R. Djoni Bambang Sunyoto menyatakan,
bahwa pada saat ini terjadi perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan telah ditetapkannya Undang undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

"Untuk itu, dalam rangka melaksanakan Undang undang No 23 tahun 2014 tersebut khususnya pada bidang pemerintahan daerah bidang statistik, maka hal yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah meliputi pengumpulan pengolahan analis dan desiminasi data dan informasi seluruh perangkat daerah,"paparnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah dapat mewujudkan satu data yang memiliki fungsi yang sangat strategis yakni selain sebagai dasar suatu perencanaan dalam membuat suatu keputusan juga sebagai alat pengendali dan evaluasi terhadap pelaksanaan suatu kegiatan.

"Hanya saja seringkali ditemukan data untuk pembangunan baik Nasional maupun daerah masih banyak terdapat perbedaan, untuk itu dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntabel, kapabel terukur dan berkesinambungan maka sesuai dengan cita cita dan harapan masyarakat Indonesia umumnya dan Kab Sukabumi khususnya, maka perlu kiranya kuta memiliki data yang dapat dijadikan acuan didalam pengampilan keputusan,"ujarnya.

Kadis Kominfo berharap melalui kegiatan ini seluruh perangkat daerah khususnya kecamatan bisa mengelola statistik lebih profesional, dalam mewujudkan Pemerintahan Kab. Sukabumi yang lebih baik.

(HERIYADI)