Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) Gelar Milad Ke-3 di Pasar Kembang Rawa Belong -->

Advertisement

Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) Gelar Milad Ke-3 di Pasar Kembang Rawa Belong

Tuesday, 24 December 2019




Postnewstime l Jakarta.- Dalam rangka Milad Ke 3, Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) menggelar Festival Betawi di Pasar Kembang Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (22/12/2019).

Acara dihadiri oleh Ketua Umum Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar), Fahira Idris yang juga Anggota DPD RI, Camat Kebon Jeruk beserta Jajaran, TNI dan juga Polri.

Pantau media ini, beragam kebudayaan betawi tampak mewarnai lokasi acara. Dari mulai stand kuliner khas betawi, hingga pertunjukan pesilat betawi dari Perkumpulan Cingkring Serbaguna Kebon Jeruk.

Agus mengatakan, acara Milad Ke 3 FKBB ini diselenggarakan selain untuk terus melestarikan kebudayaan betawi sekaligus turut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Momentum Hari Ibu tahun 2019.

Sebelumnya, Ketua Umum Bang Japar, Fahira Idris, melalui Humas Jakarta Barat, Agus Bison menyampaikan ucapan terimakasih telah diberikan kesempatan untuk hadir di tengah acara ini.

"Sebagai orang betawi sudah barang pasti mengutamakan silaturahmi sesama betawi, karena kami dari perwakilan Bang Japar sangat setuju sekali jika kebudayaan betawi terus terjaga kelestariannya," ungkapnya.

Ditempat sama, Guru Besar Silat Cingkring Serbaguna Kebon Jeruk, Babe Sabeni Banteng, mengatakan, bahwa ia sangat mendukung dengan pagelaran budaya betawi tesebut.

"Saya sangat mendukung sekali jika acara seperti ini terus terselenggara, terutama jika silat betawinya terus dibudayakan meski pada saat pagelaran saja," ungkap Babe Sabeni Banteng.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena selain baik untuk kesehatan juga sangat penting untuk menjaga diri dari serangan orang jahat, kalau kegiatannya eksis tentunya banyak yang mau belajar silat.

Sabeni juga mengatakan, acara di tahun ini lebih menarik dari sebelumnya ditambah banyaknya sanggar betawi yang terut menyemarakan.

Hal senada juga dikatakan Camat Kebon Jeruk, Saumun, pihaknya sangat mendukung jika kegiatan seperti ini terus terlaksana. Ia mengaku kagum dengan kebolehan para pesilat betawi yang masih terbilang muda-mudi.

"Saya sangat mendukung kebudayaan betawi ini terus dilestarikan kepada para regenerasi. Selain kegiatannya memberi dampak positif bagi mereka, terlebih untuk budaya betawi akan terwariskan sepanjang masa," pungkasnya.

Jurnalis :Sofyan /Iwan

Editor : Heri Tambora