Kecamatan Kelapa Dua Raih Peredikat Terbaik Pelayanan Paten Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2019 -->

Advertisement

Kecamatan Kelapa Dua Raih Peredikat Terbaik Pelayanan Paten Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2019

Saturday, 21 December 2019



PostNewsTime-Tangerang.Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai kecamatan berprestasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2019.


“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pegawai Kecamatan Kelapa Dua yang sudah bekerja keras untuk pelayanan masyarakat atas ditetapkannya Kecamatan Kelapa Dua sebagai kecamatan yang berprestasi dalam pelayanan administrasi terpadu. Tentu ini sangat membanggakan buat kecamatan dan masyarakat Kelapa Dua,” ujar Camat Kelapa Dua, Prima Saras Puspa usai menerima piala yang dibagikan Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli pasca upacara peringatan Hari Bela Negara di Lapangan Yudha Maulana Negara Tigaraksa.


"Kita terus melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kelapa Dua, Alhamdulilah fasilitas sarana prasara pelayanan kami sudah mendukung semua sehingga pelayanan di Kecamatan Kelapa Dua ini menjadikan nyaman untuk masyarakat " ucap Prima.


Kecamatan Kelapa Dua juga punya jurus jitu untuk memaksimalkan pelayanan publik. Pertama kami mempunyai program Sistem Informasi Layanan Ijin dan Layanan Informasi (SiLili). Ini adalah sarana komunikasi kami dari pihak desa/kelurahan dan kecamatan sehingga pelayanan menjadi cepat dan mudah.


Selanjutnya program Sahabat SiLili. Sahabat SiLili itu adalah warga dan masyarakat Kelapa Dua dan kecamatan yang jadi SiLili-nya, dengan adanya Sahabat SiLili ini kami bisa berkomunikasi dengan warga melalui web dan sarana media sosial lainnya.


Program lain yang dilakukan Kecamatan Kelapa Dua dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu Si Intan. Si Intan adalah Sistem Informasi Informan Kesehatan, dimana kami melaksanakan informasi kesehatan di luar kewenangan dari puskesmas untuk penanganan pertama bagi masyarakat Kelapa Dua.


"Mudah-mudahan dengan menangnya Kecamatan Kelapa Dua di lomba Paten tingkat Kabupaten Tangerang ini dapat memberi motivasi dan semangat lebih untuk memaksimalkan pelayanan di Kecamatan Kelapa Dua" ungkap Prima.


Ia lanjutkan bahwa Kecamatan Kelapa Dua memiliki 6 pemerintahan kelurahan dan 1 desa, yaitu Desa Curug Sangereng, Kelurahan Bojong Nangka, Bencongan, Bencongan Indah, Kelapa Dua dan Pakulonan Barat, dengan luas wilayah 24,38 m2 dan jumlah penduduk 300 ribu jiwa pada tahun 2017.


Wakil Bupati Tangerang, H Mad Romli mengucapkan selamat kepada Kecamatan Kelapa Dua yang telah meraih predikat terbaik pertama dalam penilaian pelayanan administrasi Paten tahun 2019, dan juga Kecamatan Panongan yang meraih predikat terbaik kedua dan Kecamatan Legok keluar sebagai terbaik ketiga. “Saya ucapkan selamat kepada ketiga kecamatan yang telah ditetapkan predikat terbaik satu, dua dan tiga, semoga menjadi inspirasi bagi kecamatan yang lain dalam meningkatkan pelayanan Paten,” kata H Mad Romli.


Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, SP menambahkan dalam penilaian Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) pada tahun 2019 ini, Kecamatan Kelapa Dua meraih predikat terbaik, kedua Kecamatan Panongan dan ketiga Kecamatan Legok. Penilaian Paten ini sebagai upaya pemerintah Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan pelayanan administrasi di tingkat kecamatan.


Dilanjutkan Munir, bahwa berdasarkan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kabupaten Tangerang, ada beberapa pelayanan perizinan dan administrasi yang diserahkan ke Kecamatan, diantaranya


Ini bertujuan memberikan kepastian hukum perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparansi, dan terjangkau serta mendekatkan dan memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat.


Prinsip dalam pelayanan Paten yaitu menetapkan dan menerapkan standar pelayanan serta menetapkan maklumat pelayanan, bertanggungjawab dan berintegrasi eksternalitas dan efesiensi penyelenggaraan pendelegasian wewenang, melaksanakan kepuasan masyarakat, menetapkan dan menerapkan Standar Operasional Prosedur dan Pengelolaan Pengaduan.


“Jadi penilaian Paten ini tentu dilihat semua prinsip Paten yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati Tangerang tentang penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan di Kabupaten Tangerang,” kata Munir, putra kelahiran Dompu NTB ini.


Usman/Haryo/Hms