Keren Dan Kompak, 3 SDN Panunggangan Utara Memperingati HUT PGRI ke 74 Dan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Advertisement

Keren Dan Kompak, 3 SDN Panunggangan Utara Memperingati HUT PGRI ke 74 Dan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Monday, 2 December 2019



PostNewsTime-Tangerang.3 Sekolah Dasar Negeri di Panunggangan Utara yakni SDN Panunggangan 1,SDN Panunggangan 6 dan SDN Panunggangan 9 kompak dan bersatu dalam memperingati Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 di awali melaksanakan upacara bendara dan di lanjutkan kegiatan sungkem para siswa-siswi dengan Kepala Sekolah,pemotongan n dan Guru-guru,pemotongan nasi tumpeng sekaligus pentas seni,Senin (25/11/2019),Jalan Komplek Setneg,Kelurahan Panunggangan Utara,Kecamatan Pinang Kota Tangerang.


Bertindak sebagai upacara biasanya dilakukan para siswa, namun kali ini petugas upacaranya semua guru.Adapun para guru ini bertugas menaikkan Bendera Merah Putih, menjadi pemimpin upacara, pembaca teks UUD 1945, sampai menjadi dirijen Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.Kegiatan ini memetik tema " Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul".


Hj.Diani Umiati selaku Kepala Sekolah SDN 9 Panunggangan mengatakan memperingati hari guru rutin di laksanakan setiap tahunnya,tapi pada tahun ini sangat keren dan sungguh berbeda pada tahun sebelumnya.Kegiatan ini kami dengan konsep mengadakan sungkeman 3 SDN Panunggangan sekaligus gabungan antara SDN Panunggangan 1,SDN Panunggangan 6 dan SDN Panunggangan 9 yang melibatkan seluruh Wali Murid dan Siswa-siswi di 3 SDN Panunggangan tersebut.


Menurutnya,Dalam era sekarang ini atau memasuki era industri 4.0 setiap insan seluruh guru harus siap mendukung bersinergi dalam menghadapi tantangan dan harus berani kreatif melakukan segala perubahan inovatif sekecil apa pun baik di dalam kelas maupun di luar kelas.Perubahan itu bukan untuk dirinya sendiri ataupun pribadinya,jadi perubahan itu lebih di prioritaskan untuk kemajuan dunia pendidikan,sekolah juga kepada para siswa-siswinya.


" Perubahan sudah terlihat dan sebagai contohnya minimal dari karakter para siswa-siswinya terlihat perubahannya.Karena setiap mengajar kami selalu menanamkan profesional dan proposional yang bersifat dedikasi,integritas dan displin yang tinggi," ucapnya.


Masih kata Hj.Diani Umiati,di hari guru ini kami pun selain mengajak Wali Murid, kami pun turut melibatkan semua pihak juga Komite Sekolah yang ada di SDN Panunggangan 1,SDN Panunggangan 6 dan SDN Panunggangan 9.Kita saling kompak dan menyatu serta momentum ini memang sengaja kami kemas dengan gabungan 3 Sekolahan yang motivasinya adalah untuk saling menyatukan batin dan emosional antara siswa-siswi kepada guru-gurunya kemudian terjalin erat hubungan batin antara guru dan orang tua murid.


" Jadi terbentuklah karakter rasa seorang siswa-siswi mencintai sekolahannya dan rasa memiliki maupun saling menyayangi antara guru dengan para siswa-siswinya,sehingga timbul ikatan batin kekompakan dan kebersamaan antara Kepala Sekolah,Guru,Wali Murid dan Siswa-siswi bahkan sesama umat manusia lainnya," sambungnya.


" Kami berharap untuk seluruh para Guru-guru dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih dan serba digitalisasi ini bahkan kita di tuntut untuk bisa mengikuti dalam menyongsong era industri 4.0 untuk seluruh para guru harus mulai belajar teknologi dan digital.Mereka harus terus belajar dan menguasai teknologi yang bijak dan smart," imbuhnya.


Hj.Umi Damiaty mengajak dan menegaskan kepada para seluruh guru bukan saja mendukung dan siap dalam era 4.0 akan tetapi harus bisa mahir menguasai perkembangan teknologi dan cepat beradaptasi di dunia digitalisasi.Ini semua untuk kemajuan kita bersama menuju SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing,khususnya bagi dunia pendidikan di Kota Tangerang.


Di tempat yang sama H.Masan Kurniawan Kepala Sekolah SDN Panunggangan 1 menerangkan bahwa momentun memperingati hari guru ini tujuannya adalah menjalin kekompakan antara Guru,siswa-siswi dan Wali Murid.Sesama guru harus tetap semangat dengan adanya ucapan terima kasih dari para Siswa-siswi dan Wali Murid,sehingga para seluruh guru semakin giat lagi dalam mencerdaskan generasi penerus Bangsa dan Negara Republik Indonesia.


" Dengan menggiatkan belajar eskul sebagai contohnya pramuka dan paskibra,memasuki era 4.0 dan digitalisasi para seluruh Guru dan Siswa-siswi terus sehat dan bijak dalam memanfaatkan IT atau perkembangan teknologi  di jejaring sosial atau Media Sosial," paparnya.


Ia pun memiliki harapan,kami dengan adanya kegiatan ini tetap berlanjut dan jadi budaya setiap tahunnya, sehingga program Pemkot Tangerang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang semakin unggul dan berdaya saing.Terlihat di kegiatan ini parenting sangat jelas dan kongkrit maupun bentuk kerja sama antara pihak sekolah dan Siswa-siswi juga Wali Murid terus terjalin dengan baik.


" Karena guru adalah sumber inpirasi oleh karena itu seluruh para Guru-guru harus banyak ilmu pengetahuan dan wawasan serta kreatif bahkan lincah dalam berinovatif.Ke depannya lebih banyak berinovasi untuk pembelajaran yang sudah tuntutan menghadapi revolusi industri 4.0 terutama karakter Guru-guru dan Siswa-siswi selalu giat belajar,menghormati guru dan juga kedua orang tua serta harus memiliki rasa displin dan tanggungjawab yang tinggi di dunia pendidikan," ujarnya.


Sementara itu,Hj.Robiah Kepala Sekolah Panunggangan 6 pun mengatakan sebuah suasana yang bagus dan sangat positif sekali di hari ulang tahun guru ini kita mengadakan juga memeriahkan HUT Guru ke 74,jadi kelihatannya guru-guru bersama siswa-siswinya pun senang dan kompak.


" Guru adalah panutan kita semuanya,yang tadinya kita tidak bisa membaca dan menulis kini kita semua dapat membaca dan menulis bahkan mendapatkan ilmu pengetahuan dari Guru-guru," ucapnya.


Selanjutnya Hj.Robiah mengimbau dan mengajak  kepada seluruh Guru guru harus mampu mengembangkan kemampuannya untuk jangan ragu berkreatif,berkreasi dan berinovatif sekaligus peka terhadap perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0 dengan sesuai track yang positif.Kami harap Guru guru untuk ke depannya lebih kreatif dalam mendidik dan mengajar kepada siswa-siswinya di dalam kelas maupun di luar kelas demi menyukseskan dan memajukan dunia pendidikan di Kota Tangerang.


" Tak lupa kita ingin guru guru selalu seirama dalam mendidik dan mengajarkan budi pekerti dan akhlaq sekaligus pembentukan pendidikan karakter kepada para siswa-siswinya," tukasnya.


Usman/Haryo