Seminar Korpri Bahas Peran Dalam Optimalisasi Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu -->

Advertisement

Seminar Korpri Bahas Peran Dalam Optimalisasi Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu

Jumat, 06 Desember 2019


PostNewsTime | Sukabumi,-Dalam rangka HUT ke 48, Korpri Kab. Sukabumi selenggarakan Seminar Sehari dengan tema "Optimalisasi Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu" di Aula BKPSDM, Kamis (5/12).

Seminar tersebut diikuti oleh pengurus Korpri Kecamatan dengan menghadirkan Guru Besar Unpad Bandung Prof.Ir.Mega Fatimah Rosana M.sc.P.hd. sebagai narasumber.

Bulan April 2018 merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi Kab. Sukabumi yaitu dengan ditetapkannya kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu sebagai Unesco Global Geopark ( UGG), demikian disampaikan Sekretaris Daerah H. Iyos Somantri saat membuka seminar tersebut.

Menurut Sekda, hal lain yang patut dibanggakan adalah penetapan Geopark Ciletuh Palabuanratu hanya membutuhkan waktu yang tergolong singkat yaitu 3 tahun untuk naik tingkat dari geopark berskala nasional menjadi Unesco Global Geopark.

"Oleh karena itu menjadi tugas semua anggota Korpri Kab. Sukabumi untuk terus mengembangkan kawasan Geopark supaya terus menyandang gelar sebagai Unesco Global Geopark serta memberikan dampak ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat di Kab Sukabumi,"ungkapnya.

Geopark Ciletuh Palabuanratu memiliki luas 126.100 hektar yang meliputi 8 Kecamatan di wilayah Kab Sukabumi, dalam pengembangannya kawasan geopark memerlukan sinergitas dari semua stakeholder sehingga pengembangan kawasan geopark yang terdiri dari 50 obyek wisata tersebut dapat dioptimalkan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu dapat dioptimalkan sehingga pada tahun 2020 kita siap menghadapi evaluasi oleh tim penilai Unesco Global Geopark,"pungkas Sekda.

Di saksikan seluruh hadirin, pada kesempatan tersebut Sekertaris Daerah menyerahkan Plakat kepada Prof.Ir .Mega Fatimah Rosana Msc.P.hd.

(HERIYADI)