Siswa SMKN 1 Simpang Ulim Laksanakan Ujian Semester Berbasis Komputer

Advertisement

Siswa SMKN 1 Simpang Ulim Laksanakan Ujian Semester Berbasis Komputer

Tuesday, 3 December 2019





Postnewstime | Aceh Timur - SMK Negeri 1 Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur dalam melakukan berbagai terobosan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan yang menggunakan inovasi sistem penilaian berbasis komputer yang dilaksanakan pada ujian semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dimulai dari tanggal 2 - 16 Desember 2019.


“Penilaian ini sudah kita gunakan sejak ujian semester tahun lalu”, Ujar Kepala Sekolah Antoni Samad, S.T.

Lebih lanjut kata, Antoni “Perbedaan mendasar dari tahun sebelumnya adalah dimana kali ini seluruh siswa mulai kelas X sampai XII diwajibkan mengikuti ujian semester berbasis komputer. Dulu hanya kelas XII saja mengikuti ujian secara online”.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Hamidiah Goknaima, S.Pd, menjadi seorang guru itu harus berani dan jangan sampai ketinggalan. Beliau juga mengatakan, “Masa sebagai pengajar kita kalah dengan anak didik soal teknologi. Ujian Nasional saja sudah berbasis komputer, masa kita masih meminta siswa untuk ‘corat-coret’ lembar jawaban".


Sistem yang dipakai dalam US-BK tersebut sama seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.  Menurut Hamidah, US-BK dilaksanakan untuk semua program keahlian. “Ini sebagai suatu inovasi sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital baik dalam proses, metode, dan evaluasi pembelajaran,” kata alumnus FKIP Fisika Universitas Syiah Kuala.

Dalam pandangan Faisal, S.T guru produktif Teknik Komputer Jaringan sekaligus saat ini dipercayakan sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, ada banyak manfaat dari diberlakukannya US-BK. “Diharapkan dengan sistem ini akan terwujud model evaluasi yang lebih obyektif, jujur, dan bertanggung jawab,” katanya.

Hal tersebut terjadi karena peserta didik tidak bisa melakukan kecurangan.Di sisi lain secara administrasi juga tercipta sistem evaluasi yang efektif dan efisien karena tidak lagi menggunakan kertas, dan hasilnya akan segera diketahui setelah ujian selesai.  Dengan adanya US-BK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran peserta didik di SMK Negeri 1 Simpang Ulim,” pungkasnya


Jurnalis: M.Alimin