Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli Pimpin Upacara Bela Negara Ke -71 -->

Advertisement

Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli Pimpin Upacara Bela Negara Ke -71

Saturday, 21 December 2019



PostNewsTime-Tangerang.Wakil Bupati Tangerang, H Mad Romli memimpin upacara Peringatan Bela Negara Ke-71 dan dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Tangerang yang bertempat di Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (19/12/2019).


Upacara dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan dihadiri langsung oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Tingkat Kabupaten Tangerang, terdiri dari unsur Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Pengadilan Agama dan Para Pejabat Eselon II dan III serta ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan juga unsur organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Tangerang.


“Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna,” kata H Mad Romli yang membacakan sambutan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.


Lanjut H Mad Romli, sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden RI telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.


“Melalui semangat bela negara yang terus kita tanamkan dalam diri kita, akan menjadi kekuatan yang luar biasa apabila diikat dalam tali persatuan bangsa Indonesia. Mari kita jalin kerjasama untuk mewujudkan kemajuan bersama. Kita perkokoh persatuan dalam kemajemukan. Kemajemukan bangsa bukanlah halangan untuk mewujudkan semangat bela negara. Kebhinneka tunggal ika-an justru akan bisa memperkuat kecintaan kita pada bangsa dan negara,” kata H Mad Romli melanjutkan pembacaan sambutan.


“Mari kita semua bersama-sama untuk menjadi kader Bela Negara yang memiliki sikap dan perilaku warga negara yang cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mempunyai kemampuan awal Bela Negara baik psikis maupun fisik, dan memiliki karakter bangsa, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara,” lanjut H Mad Romli.


"Semoga harapan kita semua untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh, berkarakter, mandiri, berprinsip, dan bermartabat dapat terwujudkan sesuai dengan harapan kita semua." Ucapnya.


Usai prosesi acara, Wakil Bupati Tangerang membagikan piala lomba kecamatan berprestasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2019, dimana Kecamatan Kelapa Dua meraih juara I, juara II Kecamatan Panongan dan Kecamatan Legok Juara III.


Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, SP menambahkan peringatan Hari Bela Negara berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 18 Desember 2006. Untuk mengenang sejarah perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), pemerintah Republik Indonesia membangun Monumen Nasional Bela Negara di salah satu kawasan yang pernah menjadi basis PDRI dengan area seluas 40 hektare, tepatnya di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.


Usman/Haryo/Hms