BNPB RI Serahkan 250 Juta, Bantuan Operasional Penanganan Banjir Morotai -->

Advertisement

BNPB RI Serahkan 250 Juta, Bantuan Operasional Penanganan Banjir Morotai

Saturday, 11 January 2020




Postnewstime l Morotai.-Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI dibawa pimpinan, Roslin, bersama Pemda setelah meninjau lokasi banjir di Kecamatan Morotai Timur, Morotai Utara dan Morotai Jaya di lanjutkan pada Sabtu malam, 11 Januari 2020, bertempat di kediaman Bupati, menyerahkan bantuan operasional penanganan banjir ke Pemda Morotai.

Penyerahkan bantuan Dana Operasional tersebut untuk penanganan paska Banjir di Kabupaten Pulau Morotai yang terjadi pekan ini. 

Pada kesempatan itu, Asisten I Setda Pulau Morotai, Muhlis Baay, memberikan kesempatan kepada ketua Tim BNPB RI untuk memberikan penyampaian terkait dengan pemantauan yang di lakukan pada siang tadi.

Kasubbid BNPB RI, Roslin, sebagai ketua Tim menyampaikan hasil peninjauan bahwa telah melihat di Desa Desa yang terdampak banjir.

"Kami telah melihat langsung Desa Desa yang terdampak banjir dan kondisi suangainya," katanya

Lanjutnya, hasil pantauan kami bahwa sungai yang berada di Desa Sopi Majiko itu bibir sungai tersebut letaknya sangat dekat dengan rumah masyarakat, kalau sungai tersebut tidak di tarik lurus atau tidak di normalisasi maka akan membahayakan keberadaan masyarakat sekitar kedepannya.

Setelah itu, Kata Roslin,  kami juga telah melihat kondisi di Desa Loleo Jaya, Desa Sakita, Desa Bere-Bere dan Desa Lusuo Kecamatan Morotai Utara, bahwa luapan air yang terjadi itu akibat dari beberapa sungai, karena desebbaka bekas lokasi pertanian jadi hutannya sudah rusak.

Selain itu, sambungnya, kami juga telah melihat di Desa Sangowo Kecanatan Morotai Timur. Namun, tadi sungainya sementara sudah di normalisasi oleh Pemda Morotai.

"Status tanggap daruratnya itu mulai dari tanggal 6 sampai dengan  16 januari 2020. Untuk itu, kami berharap kerja sama antara pemerintah daerah dan balai sungai untuk melakukan normalisasi sungai, demi mengantisipasi karena cuaca ekstrim itu tidak bisa di prediksi." Terangnya

Sementara Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma, mengapresiasi langkah cepat BNPB RI. Karena, secara cepat menanggapi fenomena alam yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai. 

"Padahal jauh antara Jakarta dan Morotai, ini merupakan kepeduliam besar sebagai kita ber NKRI," Ungkapnya

Lanjutnya, semoga Dana Operasional yang di serahkan saat ini dapat di manfaatkan secara baik untuk kepentingan publik yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, terutama BPBD Kabupaten Pulau Morotai.

Apa yang disampaikan oleh Kasubbid BNPB RI, Roslin, terkait dengan normalisasi sungai ini adalah saran yang paling baik. 

"Untuk itu, saya akan rapatkan jajaran pemerintah daerah dan mengintruksikan kepada pemerintah kecamatan." Pungkasnya

Setelah itu, acara diahiri dengan penyerahan bantuan sebesar Rp. 250.000.000 oleh Kasubbid BNPB RI, Roslin, kepada Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma dan ditutup dengan foto bersama.

Jurnalis :Abdul H