Kemenag Morotai Gelar Upacara Peringati Hari Amal Bhakti ke - 74 Kemenag RI -->

Advertisement

Kemenag Morotai Gelar Upacara Peringati Hari Amal Bhakti ke - 74 Kemenag RI

Friday, 3 January 2020




Postnewstime l Morotai - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai laksanakan Upacara memperingati Hari Amal Bhakti ( HAB ) ke - 74 Kemenag RI, mengangkat tema, " Umat Rukun Indonesia Maju."

Bertempat di Lapangan Upacara Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) II  Pulau Morotai, Jln. Al Muhajirin, Desa Muhajirin  Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Jumat pagi, 3 Januari 2020.




Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Pulau Morotai, Benny Laos  dan selaku Komandan Upacara, H. Amin M. Nur. 

Turut hadir Wakil Bupati Pulau Morotai, Hi. Asrun Padoma S.Ag., Sekda Pulau Morotai, Muhammad Kharie. MSi.,
Danlanud Leo Watimena, Kolonel PNB Adi Setyo Nugroho SE., Kaporles Pulau Morotai AKBP Andri Hariyanto S.ik M.M., Danramil Daruba, Mayor Inf I Putu Artanajaya.,Dokter Lanal Morotai Letda Laut ( K ) Dr. Irawan.,Bati Ter Kodim Persiapan Pulau Morotai, Peltu Awan.,Ka Kemenag Pulau Morotai H. Hasyim Hi. Hamsa SH, MSi., Pimpinan SKPD Pemkab Pulu Morotai.,  Tokoh agama Pulau Morotai, Para Guru dan Murid SD, SMP serta SMA.


Inspektur Upacara, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, dalam membacakan amanat Mentri Agama RI menyampaikan, bahwa nilai-nilai kehidupan beragama yaitu hari Amal Bhakti Kementerian Agama. Dengan peringatan hari amal Bhakti Kementerian Agama maka rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang maha esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri kementerian Agama, kita semua bisa berdiri di tempat ini tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu pada 3 Januari 1946 dengan menteri Agama pertama haji Muhammad Rosidi.

Lanjutnya, Tuhan Yang Maha esa merupakan fundamen moral yang harus dilandasi dengan kewajiban beragama dalam masyarakat bagi setiap pemeluk agama, dalam negara Pancasila siapapun dengan alasan apapun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol- Simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda, demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan agama dan ideologi negara.

"Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan tetapi harus dalam satukan," ungkapnya.

Dikatakan juga, Pesan almarhum jenderal besar TNI  Abdul Haris Nasution yang sangat relevan dengan yang dijalankan oleh kementerian agama yakni sebagai negara kita harus mengejar ketertinggalan terhadap negara-negara maju. sebagai orang beriman kita ingin membangun kehidupan baru martabat spiritual dan material dengan Ridha Allah subhanahu wa ta'ala sejalan dengan tema hari amal Bhakti kementerian Agama tahun 2020 "umat rukun Indonesia maju".

Kegiatan HAB kemudian dilanjutkan diahiri dengan pemberian Piagam Penghargaan Kepada Guru yang berinovasi dari Bupati Pulau Morotai. 

Disertai launching dan peresmian Buku Kumpulan Puisi yang ditulis Nuriman N. Bayan, oleh Bupati dan Forkopimda Pulau Morotai, Pembacaan puisi, Persembahan Tari-tarian dan Foto bersama.

Jurnalis :Abdul H