Mantan Walikota Ternate Samsir Andili Meninggal Dunia, Ribuan Pelayat Mengantarnya ke Pemakaman

Advertisement

Mantan Walikota Ternate Samsir Andili Meninggal Dunia, Ribuan Pelayat Mengantarnya ke Pemakaman

Friday, 24 January 2020

 
Mantan Walikota Ternate, Maluku Utara, Drs. Samsir Andili, tutup usia

TERNATE- Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Masyarakat Kota Ternate hususnya dan Maluku Utara umumnya Berduka atas meninggalnya mantan Walikota Ternate, Samsir Andili, di Kediamannya di Kelurahan Maliaro, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Jumat dinihari, 24 Januari 2020, sekitar pukul 05.30 WIT.

Dikabarkan almarhum sebelum meninggal sempat dibangunkan istrinya untuk  melakukan sholat subuh. Setelah sholat subuh, dirinya hanya mengeluhkan sakit perut dan istrahat sejenak. Ternyata itu menjadi tanda terakhir beliau mau pergi meninggalkan keluarganya dan masyarakat kota Ternate untuk selamanya.

Almarhum dikenal masyarakat Kota Ternate sebagai Tokoh Pembangunan dan inspirator bagi generasi berikutnya. Bahkan jasa beliau sangat besar dalam membangun Kota Ternate. Salah satunya Pembangunan Masjid Raya Al Munawarah yang menjadi aikon Kota Ternate.

Kepergian sang tokoh inspiratif membuat masyarakat Kota Ternate berduka, hal tersebut disampaikan, Machmud Abuchair, warga Kelurahan Makassar Barat, Kota Ternate.

"Ko Sam (almarhum) kami masyarakat kota Ternate sudah menganggap orang tua kami, beliau orang yang sangat baik karena telah memberi teladan yang baik bagi warganya selama dua periode menjadi Walikota Ternate. Sehingga kepergiannya kami merasa sangat kehilangan," ungkapnya

Lanjutnya, almarhum selain seorang inspirator bagi generasi Maluku Utara dan hususnya Kota Ternate, Ko Sam, sapaan akrab almarhum, Juga sangat dikenal sebagai Tokoh Pembangunan. Ditangan Ko Sam lah Ternate berkembang pesat dan karyanya saat ini di nikmati masyarakat kota Ternate bahkan Maluku Utara.

Sementara Halik warga Pulau Moti Kecamatan Ternate Kepulauan yang berdomisili di Kelurahan Santiong Ternate, melalui dinding Facebooknya berkisah, Bahwa Walikota Ternate Samsir Andili pada tahun 1999 Saat  berkunjung di Kecamatan Moti saat itu dirinya sebagai Ketua KNPI Kecamatan Moti, Beliau berpesan; Lid...  "Jadilah pemimpin yang pintar merasa, lihatlah masyarakat disekitarmu karena hari ini kita masih bisa mencari tempat untuk dimana kita makan. Tapi, kasihan ada masyarakat yang berfikir hari ini dorang (mereka) makan apa," Pesan ini selalu aku ingat, Kenang Halik penuh kesedihan.

Dirinya pun bersaksi kepada Allah Subhanahu Wata'ala tentang pribadi  Mantan Wali Kota Ternate Almarhum Samsir Andili, sebagai pribadi yang sangat baik.

"Saya pribadi bersaksi Ko Sam orang baik dan sangat baik. Selamat jalan Ko, Tokoh Pembangunan Kota Ternate.Terahir beliau tutup pesan dengan berkata; Lid "Moti, Hiri dan Batang Dua itu adalah Kota Ternate jadi sabar saja." Pungkasnya

Ribuan jamah Masjid Raya Al Munawarah Kota Ternate Sholatkan Almarhum Samsir Andili

Kesan menyejukkan juga disampaikan mantan wartawan harian Malut Post, Julfie, akrab di sapa Ufie. Dia mengisahkan bahwa Almarhum Samsir Andili adalah Walikota yang bagitu baku dapa (ketemu) para wartawan atau aktivis langsung bertanya kamu kemana saja  kok baru kelihatan ?. Terus sebe (bapak) dan ajus (ibu) sehat-sehat saja?
Dengan gaya khas tinju tulang rusuk, itulah walikota Syamsir Andili.

"Walikota yang mengharumkan nama Club Sepak Bola Persiter dikanca Nasional, Walikota yang santun berpolitik, bersih dalam birokrasi, walikota yang tidak pernah memandang suku. walikota yang sering menyebut ternate untuk torang samua." Kenangnya

Amatan media ini, puluhan ribuan pelayat ikut menshalatkan jenazah Almarhum Samsir Andili di Masjid Raya Al Munawarah Kota Ternate usai sholat jum'at.

Ribuan jamah Masjid Al Munawarah pun turut mengantar Almarhum ke tempat peristirihatan terakhir di pekuburan keluarga d Maliaro untuk dimakamkan. Jumat, 23 Januari 2020, usai sholat Jum'at.

Almarhum Samsir Andili, mantan walikota Ternate dua periode meninggal dunia pada usia 68 Tahun, meninggalkan seorang istri dan dua orang anak laki laki.


Jurnalis: Abdul