Ratusan Rumah Warga di Desa Lusuo Morotai Terendam Banjir, Belum Ada Bantuan Pemda -->

Advertisement

Ratusan Rumah Warga di Desa Lusuo Morotai Terendam Banjir, Belum Ada Bantuan Pemda

Tuesday, 7 January 2020




Postnewstime l Morotai - Ratusan rumah warga di Desa Lusuo, Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Pulau Morotai, sejak Senin sore, 6 Januari 2020 terendam banjir.

Hal tersebut disampaikan, Warga Desa Lusuo, Topan Bumulo, Selasa pagi, 8 Januari 2020 melalui telpon seluler.

Ia mengatakan penyebabnya, hujan lebat dan meluapnya sungai Lusuo sejak Senin sore hingga Selasa pagi ini, 8 Januari 2020. 

Menurutnya, Ketinggian air bervariasi antara 50 centimeter hingga satu meter bagi rumah warga yang berada dekat sungai.

Hingga Pagi ini, belum terlihat pengungsian. Ungkap Sion, warga Lusuo, yang terkena dampak banjir, dari balik telepon selulernya.

Hanya, kata dia, Warga yang rumahnya terendam banjir sementara siaga karena masih turun hujan yang kini.

"Sampai Selasa pagi ini banjir masih berlangsung, warga sebagian mengamankan diri di rumah warga lain yang berada di ketinggian. Sementara yang lain siaga memantau air sungai," terang Simon.

Ketika ditanya soal bantuan dari Dinas terkait, baik dari Dinkes maupun BPBD Kabupaten Pulau Morotai ke Desa Lusuo, dirinya menegaskan belum terlihat.

"Sejak kemarin sore hingga pagi ini, banjir melanda desa kami dan merendam sekitar ratusan rumah belum terlihat bantuan dari Pemda atau dinas terkait seperti Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar Pemda segera memberi bantuan lebih awal agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

"Kalau boleh Pemda segera ke Lusuo lihat kondisi kami. Karena banjir hingga kini belum surut." Pungkasnya

Jurnalis : Abdul H