Danramil 07/Maos Bersama Babinsa Turun Langsung Dampingi Poktan -->

Advertisement

Danramil 07/Maos Bersama Babinsa Turun Langsung Dampingi Poktan

Saturday, 8 February 2020




Postnewstime l Cilacap - Danramil 07/Maos Kapten Inf. Joko Yunanto bersama Babinsanya turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan panen padi bersama Kelompok Tani "Manggala Tirta" di lahan persawahan milik Daliman dan Tugimin, Desa Maos Kidul Kecamatan Maos, Jum'at (7/2/20).

Dari kegiatan ini, untuk panen padi milik Daliman pada luas lahan 1,5 Hektare dengan Varietas Jaliteng (Betas Ketan hitam) dihasilkan provitas 6,2 Ton/Ha sedangkan pada lahan sawah milik Tugimin dengan luas panen 2 Hektare dan jenis varietas Mapan 05, menghasilkan provitas 6,5 Ton/Ha.

Menurut penuturan Ketua Kelompok Tani "Manggala Tirta", hasil panen kali ini mengalami peningkatan dari masa panen sebelumnya, oleh karenanya selaku Ketua Kelompok Tani, dia menyampaikan banyak terima kasih kepada Babinsa yang telah dengan Ikhlas mendampingi dan memberikan penyuluhan kepada para petani tentang bagaimana cara meningkatkan hasil pertanian sehingga hasil panen selalu ada peningkatan.

" Hasil panen kali ini mengalami peningkatan dari masa panen sebelumnya. Selaku Ketua Kelompok Tani "Manggala Tirta", saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi dan memberikan penyuluhan kepada para petani sehingga hasil panen kami mengalami peningkatan," ucap Darjo.

Apa yang dikatakan Ketua Kelompok Tani "Manggala Tirta", dibenarkan oleh Kapten Inf Joko Yunanto yang saat itu berada di lapangan. Selaku Danramil, dia telah memerintahkan kepada seluruh Babinsanya untuk aktif mendampingi para petani mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan hingga sampai dengan panen tiba seperti sekarang ini.

"Sebagai Aparat Kewilayahan, pendampingan terhadap kelompok Tani adalah merupakan salah satu tugas Babinsa, yang tujuannya adalah untuk menyejahterakan para petani. Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh mereka tidak lain agar hasil panen petani meningkat sekaligus dalam rangka untuk mensukseskan program swasembada pangan Pemerintah," Jelasnya.

"Babinsa harus selalu proaktif melaksanakan pendampingan kepada petani mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan hingga panen tiba seperti sekarang ini dan hasilnya bisa kita lihat bersama. Semua itu tidak lain untuk kesejahteraan para petani," tandasnya.

(Urip/S.Roto)