HUT Ke Dua, Koperasi Multidaya Nusantara Tiga Geber Program Di Purworejo -->

Advertisement

HUT Ke Dua, Koperasi Multidaya Nusantara Tiga Geber Program Di Purworejo

Admin
Monday, 17 February 2020

SIBER.NEWS | PURWOREJO | Usai pertmuannya dengan Ketua Umum Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) Sabtu (15/02), Bakal Calon Bupati (Balon) Purworejo Verra Anggraeni dengan misi membangun Ekonomi kerakyatan dalam system perekonomian yang di bangun dengan kekuatan dari ekonomi rakyat.

Bakal Calon Bupati Purworejo Verra Anggraeni memiliki tujuan bagi masyarakat untuk bisa berpartisipasi sehingga perekonomian tersebut bisa terlaksana dan dapat berkembang dengan baik.

Program Ekonomi Kerakyatan Pertama yang akan di lakukan di dua Kecamatan Kabupaten Purworejo diantaranya, Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kutoarjo ialah pengadaan 20 Kolam Bioflok dengan kapasitas Ikan Lele 100.000 ekor.

Verra menuturkan alasannya memilih Budidaya Lele Menjadi salah satu program untuk membangun ekonomi kerakyatan, karena teknologi budidaya lele yang relatif mudah di kuasai Masyarakat.

"Budidaya ikan lele merupakan salah satu budidaya di bidang perikanan yang terus berkembang. Ini dikarenakan teknologi budidaya lele yang realtif mudah di kuasai masyarakat," tuturnya

Beberapa tahun kebelakang sistem yang dipakai dalam budidaya lele adalah sistem autotrof. "Namun cara itu mempunyai kelemahan yaitu keterbatasan dalam memanfaatkan limbah budidaya," ucap Balon Bupati Purworejo Verra Anggraeni.

Gus Robi Irawan Wiratmoko selaku Ketua Umum Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) mendukun Program budidaya lele dengan menggunakan sistem Bioflok yang akan di realisasikan di Purworejo.

Gus Robi menjelaskan bahwa Prinsip dasar dari sistem bioflok ini adalah mengubah senyawa organik dan anorganik yang di dalamnya berisi senyawa karbon.

"Untuk penerapannya, budidaya perairan dalam hal ini budidaya lele, teknologi bioflok memanfaatkan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yang tidak beracun. nitrogen yang sudah diubah ini bsia digunakan untuk pakan lele, sehingga lebih hemat biaya," jelas Ketua Umum Koperasi MNT saat di konfirmasi melalui pesan singkat. Minggu (16/02/2020).

Gus Robi Juga menyampaikan bahwa di Hari Ulang Tahun Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) dalam misi Ekonomi Kerakyatan dirinya akan Geber semua program di Kabupaten Purworejo.

"Pokoknya Di Ulang Tahun Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) yang Ke 2 semua Program MNT akan di geber di Purworejo" pungkasnya (Guh)