Miliki 164 Kuota, Peserta Tes CPNS Morotai Mencapai 1493, Dipastikan 1329 Orang Gugur

Advertisement

Miliki 164 Kuota, Peserta Tes CPNS Morotai Mencapai 1493, Dipastikan 1329 Orang Gugur

Thursday, 6 February 2020

Sekda, Kepala BKD dan Pengawas tes CPNS dari BKN Manado meninjau lokasi tes


PostNewsTime | Morotai Maluku Utara - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai mulai digelar hari ini 6 Februari hingga 11 Februari 2020 atau berlangsung selama lima hari. Dibuka langsung oleh Sekda Morotai, Muhammad M Kharie, di Halaman Kantor DPRD, Kamis 6 Februari 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pulau Morotai, M Umar Ali, S.E., mengatakan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Morotai akan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Saat diwawancara awak media di lokasi tes (SMPN 1).

Lanjutnya, sejauh ini persiapan fasilitas telah tuntas seluruhnya. Baik komputer, internet, listrik dan lainnya sudah seratus persen siap digunakan.

"Tes telah siap dilaksanakan, namun mengantisipasi listrik yang sering padam, kami telah datangkan genset milik PLN untuk digunakan pada saat tes, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar," Ungkapnya.


Tes tersebut, kata Umar Ali, akan diawasi langsung oleh tim pengawas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado, sebanyak 4 orang, saat ini telah berada di Morotai dan siap menjalankan tugas.

"Peserta tes diawasi langsung oleh Tim pengawas dari BKN Manado berjumlah 4 orang. Peserta tes diharapkan jangan tegang, rileks dalam menjawab soal yang diyakini," tegasnya.

Disebutkan, pada tahun 2020 ada 1493 orang yang ikut tes CPNS di Morotai. Karena mereka dinyatakan lulus secara administrasi dan berhak ikut tes yang mulai di helat hari ini.

Soal tehnis pelaksanaannya akan diatur perhari 5 sesi, satu sesi sekitar 60 orang, setiap sesi pertama ada jeda 30 menit untuk lanjutkan sesi berikutnya.

Dirinya berharap seluruh peserta tes CPNS agar taat aturan, terutama datang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan agar dapat mengikuti tes ini dengan seksama.

"Kami berharap dari 1493 pelamar CPNS di Morotai semuanya dapat mengikuti tes ini dan dapat datang sesuai waktu yang telah ditetapkan panitia," Ujarnya.

Sementara Sekda Morotai, M Kharie, saat memberi arahan kepada peserta tes, berharap seluruh peserta tes sudah harus memahami terlebih dahulu sistem CAT. Selain, lebih tenang, fokus dan selalu berdoa.

"Tes sistem CAT ini bagi Pemda Morotai sudah dua kali dilaksanakan jadi kiranya setiap peserta sudah paham. Tinggal bagimana dibutuhkan ketenangannya, fokus, jangan terburu buru, rileks dan slalu mengandalkan Tuhan." Pungkasnya.

Perlu di ketahui, kuota CPNS Morotai hanya 164. Sementara peserta tes sebanyak 1493 orang. Maka, sudah dipastikan 1329 orang akan gugur.


Jurnalis: Abdul