Tangerang CENGHAR Puskesmas Kunciran,Yang Sehat Menjadi Bugar Dan Yang Sakit Makin Terkontrol -->

Advertisement

Tangerang CENGHAR Puskesmas Kunciran,Yang Sehat Menjadi Bugar Dan Yang Sakit Makin Terkontrol

Monday, 17 February 2020




PostNewsTime-Tangerang.Dalam rangka menyambut HUT Kota Tangerang ke 27 Dinas Kesehatan Kota Tangerang secara serentak menggelar Tangerang CENGHAR ( Cek Kesehatan,Pengobatan dan Penyuluhan Untuk HUT Kota Tangerang ) di 36 titik Puskesmas se-Kota Tangerang salah satunya Puskesmas Kunciran,Kecamatan Pinang.Di kesempatan ini kegiatan di langsungkan di RT 08/04,Kelurahan Sudimara Pinang, Sabtu ( 15 Februari 2020 ) Kota Tangerang.


Kegiatan ini adalah SAPA SEHAT CERIA yang artinya Senam Sehat 30 menit,Asupan Sayur dan Buah,Pemeriksaan Kesehatan,Agar Sehat dan Bugar.Yang bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit,Klinik dan Organisasi Profesi se-Kota Tangerang,untuk Puskesmas Kunciran sendiri bekerja sama dengan Rumah Sakit Permata Ibu.


Turut di hadiri oleh Kaonang Camat Pinang,Lurah se-Kecamatan Pinang,dr.OU.Taty Damayanti Kepala Puskesmas Kunciran beserta jajarannya,Bhabinkamtibmas,Babinsa,FKTS se-Kecamatan Pinang,Kader Kesehatan,Kader TP PKK,Forum RT/RW,Karang Taruna,LPM se-Kecamatan Pinang,Tokoh Pemuda,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta unsur masyarakat lainnya.


dr.OU.Taty Damayanti Kepala Puskesmas Kunciran mengatakan Tangerang CENGHAR ini inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang,yang dalam singkatannya (Cek Kesehatan, Pengobatan, dan Penyuluhan Untuk HUT Kota Tangerang) ke 27 yang dilaksanakan di 36 titik di seluruh wilayah Kota Tangerang,termasuk salah satunya di wilayah kerja Puskesmas Kunciran.




" Memang tujuannya kita untuk supaya masyarakat sadar pentingnya akan kesehatan,jadi kita tidak hanya saja membuat mereka sehat tetapi sampai mereka bugar di tambah juga kegiatan seperti SAPA SEHAT CERIA tetapi kita tambahkan Screning HIV dan Screning Kesehatan Jiwa kemudian pengobatan pengobatan penyakit tidak menular," ucap dr.OU.Taty Damayanti.


" Alhamdulillah kegiatan ini banyak sekali yang mensuport dan mendukung kita dari mulai Pemkot,Dinkes,Kecamatan Pinang,Kelurahan, Rumah Sakit Permata Ibu,Kader Kesehatan,Karang Taruna,Kader TP PKK,Forum RT/RW serta berbagai unsur masyarakat lainnya," sambungnya.


dr.OU.Taty Damayanti kembali menjelaskan,kegiatan Tangerang CENGHAR ini kita persembahkan untuk HUT Kota Tangerang ke 27,kalau rutinitasnya kita SAPA SEHAT CERIA.Target nominal 150 orang, namun di lihat secara langsung kita melebih kuota targetnya,mungkin ini antusias masyarakatnya.Sebelum pelaksanaan ini kita sudah saling komunikasikan dan koordinasikan bahwa kita akan melaksanakan TANGERANG CENGHAR,bahwa kita datang ke sini untuk di manfaatkan oleh masyarakat dan kita mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang mana mungkin langkahnya cuma tiga langkah dari rumah.


" Semoga ke depannya kegiatan ini benar-benar bisa di manfaatkan oleh masyarakat Kota Tangerang,terutama khususnya di wilayah Sudimara Pinang,Kunciran,dan Kunciran Indah atau di 3 wilayah kerja Puskesmas Kunciran,yang mana kita turun ke lapangan mereka masyarakat menyambut baik dengan antusias.Semoga yang sehat menjadi Bugar dan yang Sakit menjadi terkontrol,sehingga dapat mengurangi angka kesakitan di Kota Tangerang," imbuhnya.


" Terima kasih kepada Pemkot Tangerang,Dinas Kesehatan Kota Tangerang,Kecamatan,Kelurahan dengan adanya kegiatan ini kita benar-benar di suport,sehingga tujuan kita untuk menyehatkan masyarakat benar-benar bisa terwujud dengan baik," tuturnya.


Menurutnya,Program Mak Idep masih berhubungan dengan kegiatan kita ini,jadi Mak Idep itu kan Pemantauan Kesehatan Ibu Hamil,di sini bila ada Ibu ibu hamil yang hadir akan kita periksa juga tensi darah,cek labotarium dan konsultasi kesehatan.Mak Idep masih terintegrasi di kegiatan yang kita laksanakan hari ini dan kita melaksanakan pengobatan secara keseluruhan baik itu dari Ibu Hamil,Balita,Lansia dan Remaja-remaja yang bermasalah reproduksinya juga screning kesehatan jiwa.


Beberapa pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain tensi darah, lingkar perut, berat badan, tinggi badan dan gula darah. Disamping itu, dilakukan juga Senam Jantung Sehat serta dibagikan makanan sehat.


Di samping itu,dr.OU.Taty Damayanti beserta jajaran Puskesmas Kunciran mengucapkan Selamat HUT Kota Tangerang ke 27.Di HUT Kota Tangerang ke 27,menurutnya di angka 27 kalau di jumlahkan menjadi angka 9 dan harapan kami di HUT Kota Tangerang ke 27 ini bertambah daya dan terciptanya energi yang positif bagi Pemerintahan Kota Tangerang dan Para Pemimpin-pemimpinnya senantiasa makin baik dan bijak dalam menjalankan Program Pemerintahannya,karena 2 di tambah 7 adalah 9.Jadi di HUT Kota Tangerang ke 27 ini semoga semakin semangat untuk membangun dan memajukan Kota Tangerang juga masyarakatnya.


Sementara itu,Nina Ressy Agustina Ketua TP PKK Kelurahan Sudimara Pinang mengungkapkan Alhamdulillah dengan adanya kegiatan Tangerang CENGHAR masyarakat di sini sangat antusias,dan kita membuka pelayanan kesehatan masyarakat seperti memeriksa kesehatannya dan juga senam sehat bersama-sama.Kita menargetkan 150 orang namun secara tak terduga melampaui apa yang di targetkan.


" Harapan kami di moment suasana HUT Kota Tangerang ke 27 ini,semoga masyarakat lebih mementingkan dan menjaga kesehatannya serta turut peduli dengan kebersihan lingkungannya dengan adanya penyuluhan-penyuluhan dari pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kunciran maupun Dinas terkait lainnya," tukasnya.


Usman/Haryo