Begini,Startegi Rakor Mengenai Persiapan IVA TEST di Wilayah Kecamatan Pinang -->

Advertisement

Begini,Startegi Rakor Mengenai Persiapan IVA TEST di Wilayah Kecamatan Pinang

Thursday, 5 March 2020



PostNewsTime-Tangerang.Rapat koordinasi mengenai persiapan Lomba IVA TEST Tahun 2020 di langsungkan di Kantor Aula Puskesmas Panunggangan,Rakor ini di pimpin langsung oleh Hj.Aini Suci ARW dengan di dampingi Kaonang Camat Pinang,Harnaeni Ketua PKK Kecamatan Pinang,Lurah se-Kecamatan Pinang.Selain itu juga turut di hadiri Jajaran Staff Puskesmas Panunggangan,Puskesmas Kunciran,Puskesmas Kunciran Baru, serta para Kader IVA TEST,Selasa (03 Februari 2020 ),Kelurahan Panunggangan,Kecamatan Pinang Kota Tangerang.


Dalam sambutan,Hj.Aini Suci ARW menjelaskan Camat dan Lurah harus membuat surat edaran mengajak masyarakat untuk mau ikut pemeriksaan IVA TEST,sebab IVA TEST ini menjadi penting bagi wanitas usia subur.Anak-anak perempuan pun bisa di berikan edukasi tentang apa itu IVA TEST,kita ajak mereka agar mau ikut IVA TEST.


" Tujuan kita,agar masyarakat Kota Tangerang terhindar dari Kanker Serviks.Ibu adalah pelita dalam rumah tangga,karenanya sebagai perempuan memastikan kesehatan suami,anak,namun jarang memperhatikan kesehatan diri sendiri.Maka kini perempuan harus peduli terhadap kesehatan sendiri," terangnya.


Masih katanya,dalam lomba IVA TEST ini di nilai bukan cuma PKK,tetapi juga Puskesmas,Camat dan para Kader.Mereka akan di tanya mengenai jumlah penduduk dan berapa jumlah penduduk yang melakukan IVA TEST.


" Puskesmas,benar-benar di tanya tentang Program IVA TEST.Kita sama-sama merangkul kaum ibu usia subur untuk bersedia melakukan IVA TEST," sambungnya.


Sementara itu,Kaonang Camat Pinang mengatakan kanker serviks atau kanker leher rahim menempati urutan kedua dalam deretan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.Deteksi dini kanker serviks lewat pemeriksaan IVA TEST di anggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah di lakukan dan hasilnya cepat di peroleh.


" Pihaknya akan membentuk Kampung IVA TEST di seluruh Kecamatan Pinang,targetnya adalah pasangan usia subur sudah menikah.Di zona Kampung IVA TEST semua untuk bisa bergerilya bersama Puskesmas,TP PKK,Lurah dan Para Kader IVA," imbuhnya.


Kaonang Camat Pinang menegaskan,kami minta para Lurah dan Puskesmas untuk memasang baner atau spanduk di zona Kampung IVA TEST.Kita akan adakan Gebyar Kampung IVA TEST,target IVA TEST tahun 2020 di wilayah Kecamatan Pinang sebanyak 23.668 orang.Setiap rumah harus klir IVA TEST.


" Gebyar IVA TEST akan di gelar di Puskesmas Panunggangan,Puskesmas Kunciran dan Puskesmas Kunciran Baru serta di lingkungan RW di Perumahan Setneg Panunggangan Utara," tukasnya.


Usman/Haryo/Hms