Evakuasi Pasien Gunakan Rakit, Danramil : Morotai Utara Butuh Perahu Karet -->

Advertisement

Evakuasi Pasien Gunakan Rakit, Danramil : Morotai Utara Butuh Perahu Karet

Tuesday, 3 March 2020

Pasien di evakuasi menggunakan rakit bambu


PostNewsTime | Morotai Malut- Koramil Bere-Bere Kecamatan Morotai Utara (Morut) selalu tanggap dalam menyikapi bencana. Dengan menyiapkan tenaga dan pikiran dalam memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Hal tersebut, dilakukan personil Koramil Bere-Bere, Morotai Utara, dibawa pimpinan Danramil Lettu Infantri MS Lesnussa, saat membantu mengevakuasi pasien menggunakan rakit bambu untuk menyebrangi air yang menggenang jalan raya antara Bere-Bere - Tawakali.

"Kami telah diberi instruksi oleh Dandim Tobelo Halmahera Utara untuk selalu tanggap dalam menyikapi kondisi alam seperti yang terjadi saat ini di Morotai Utara, yakni banjir yang merendam jalan raya sehingga tidak bisa dilewati kendaraan. Disitulah peran kami dalam membantu warga masyarakat yang mau melewatinya," Ungkap Lettu Infantri, MS Lesnusa, dari balik telepon seluler. Selasa malam, 3 Maret 2020.

Menurutnya akibat hujan dari semalam hingga hari ini membuat ruas jalan umum antara Bere-Bere dan Tawakali terendam banjir yang cukup panjang.

Kondisi tersebut, Kata Danramil, sudah menjadi langganan bila setiap turun hujan di Bere-Bere Kecamatan Morotai Utara.

"Ruas jalan antara Bere-Bere dan Tawakali setiap turun hujan pasti tergenang air karena meluapnya air sungai Tawakali," Ungkapnya.

MS Lesnusa, kemudian bercerita, pada Selasa (3/3) ada pasien di Puskesmas Bere-Bere yang mau dirujuk ke RSUD Daruba. Tetapi, kondisi jalan tidak dapat dilewati oleh mobil puskesmas karena debit air di tengah jalan cukup tinggi. Hal tersebut membuat personil Koramil membantu mengevakuasi pasien dengan menggunakan rakit bambu milik masyarakat.


"Demi membantu warga yang sangat membutuhkan. Tidak ada perahu karet, rakit bambu pun jadi digunakan," tegas Danramil.

Untuk itu, Danramil Bere Bere Morotai Utara, Lettu Infantri MS Lesnussa, berharap Pemerintah Daerah Pulau Morotai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat memberikan bantuan perahu karet ke Kecamatan Morotai Utara, agar dapat digunakan pagda kondisi bencana seperti ini.

"Bantuan perahu karet dari BPBD sangat dibutuhkan, karena jalan antara Bere-Bere dan Tawakali setiap hujan pasti jalannya tergenang air yang cukup tinggi. Hal ini sangat menyulitkan masyarakat ketika punya kebutuhan mendesak harus ke Daruba harus menunggu airnya surut sangat lama." Pungkasnya.



Jurnalis: Abdul