Sapa Sehat Ceria Puskesmas Jurumudi Baru Bersama Kecamatan Benda,Edukasi Kesehatan Dan Antisipasi Penyebaran Virus Corona -->

Advertisement

Sapa Sehat Ceria Puskesmas Jurumudi Baru Bersama Kecamatan Benda,Edukasi Kesehatan Dan Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Monday, 16 March 2020



PostNewsTime-Tangerang.Untuk mengedukasi dan menambah wawasan dalam meminimalisir kemungkinan penyebaran virus Corona dan demam berdarah atau demam dengue  adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.Beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue di masyarakat, Dinkes Kota Tangerang melalui Puskesmas Jurumudi Baru bekerja sama dengan Kecamatan Benda dan Kelurahan Belendung mengadakan Program Sapa Sehat Ceria di wilayah RT 03/07 Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda Kota Tangerang, Sabtu (14 Maret 2020).


Kegiatan ini turut di hadiri oleh Ayi Nuryadin Camat Benda,M.Kholid Munaf Sekretaris Kelurahan Belendung,Yeni Suryani Ketua TP PKK Kecamatan Benda,Drg,Sri Nur Djunaida Kepala Puskesmas Jurumudi Baru,Binamas,Babinsa,LPM Belendung,Forum RT/RW Belendung,Kader PKK,Kader Kesehatan,Karang Taruna dan Tokmas maupun Tokoh Agama.


Nurhayati salah satu Staff Puskesmas Jurumudi Baru bidang bagian Gizi mengatakan Sapa sehat hari ini kan di Kelurahan Belendung RT 03/07 ini pun maksudnya kita sekalian mengedukasi kesehatan bagi warga untuk hidup bersih dan sehat,mengedukasi agar mereka beraktifitas fisik selama 30 menit dalam sehari dan ada pemeriksaan kesehatan gratis kemudian membiasakan diri memakan buah dan sayur.


" Selebihnya kita juga ada senam sehat dan screening sebagai awal dari penyakit tidak menular dengan pemeriksaan kesehatan tersebut lalu kemudiaan screening kesehatan indera yaitu kesehatan mata dan telinga," ucapnya.


Ia menambahkan pemeriksaan kesehatan gratis yang kami lakukan antara lain mengukur lingkar perut,cek gula darah,konsuling kesehatan,dan juga screening kesehatan mata dan telinga.himbauan kesehatan yang seperti sekarang ini lagi terjadi yaitu kita juga mengedukasi masalah Covid 19 atau virus corona kemudian etika batuk,DBD,dan menjaga kesehatan lingkungan secara keseluruhan.


" Jadi misalnya tadi kita ada mengecek jentik nyamuk DBD dengan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ) yang di lakukan petugas keseling sama progkes.Kegiatan ini hampir semua unsur masyarakat kita libatkan baik itu Kecamatan Benda,Kelurahan Belendung,Puskesmas Jurumudi Baru, RT/RWnya,Kader PKK,Kader Kesehatan,Karang Taruna,LPM Belendung,Tokoh Masyarakat dan sebagainya," tambahnya.


" Harapan dari kegiatan ini supaya mereka bisa secara mandiri untuk mengetahui tingkat kesehatan mereka secara sendiri yang minimalnya mereka mengetahui bahwa itu sehat apa tidak," tuturnya.


Lebih lanjut M.Kholid Munaf Sekretaris Kelurahan Belendung pun menjelaskan kegiatan Sapa Sehat Ceria ini memang sudah merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Puskesmas Jurumudi Baru yang memang di adakannya setiap bulan yang berkaitan dengan kesehatan,karena program Sapa Sehat Ceria ini sangat bermanfaat baik sekali dan juga memang sangat di butuhkan oleh masyarakat khususnya di Wilayah Kelurahan Belendung Kecamatan Benda.


" Karena ini sedang marak maraknya seperti kasus-kasus Demam Berdarah ( DBD ),Virus Corona ( Covid - 19 ),namun di lingkungan ini terutama masalah kasus demam berdarah,karena kemarin di lingkungan RT 03 / 07 ini ada satu temuan kasus demam berdarah,namun kita segera cepat tanggap untuk mengatasi hal tersebut dan sepenuhnya sudah di tanggani dengan baik oleh tim medis kesehatan.Sehingga Alhamdulillah di Kelurahan Belendung ini tidak ada lagi kasus DBD," terangnya.


"  Untuk itu kta mengarahkan dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar senantiasa selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan seperti menjaga lingkungan di rumah tangga masing-masing," pintanya..


Masih kata M.Kholid Munaf,cara mencuci tangan,cara menghindari batuk tadi sudah di peragakan semua,kemudian 6 langkah teknik cara mencuci tangan sebelum makan.Membersihkan dan menjaga kesehatan di lingkungan yang lebih utama adalah di lakukan di dalam diri kita sendiri.


" Kalau di lingkungan rumah tangga kita sudah bersih dan sehat otomatis lingkungan sekitarnya juga menjadi bersih dan sehat," tukasnya.


Sementara itu,Suhban Ketua RW 07 pun menuturkan salah satu program kesehatan sapa sehat ceria ini sangat baik sekali bagi warga di sini dan antusias warga sangat baik sekali dengan sudah mau datang untuk mengikuti kegiatan Sapa Sehat Ceria.Kami ucapkan Terima Kasih Kepada Bapak Ayi Nuryadin Camat Benda,Bapak Iwan Lurah Belendung,Bapak M.Kholid Munaf Sekkel Belendung dan juga pihak Puskesmas Jurumudi Baru.


" Kami selaku pengurus RT 03 dan RW 07 menghimbau kepada warga di sini supaya satu persatu atau setiap rumah kita rutin bersih-bersih halaman rumah dan lingkungan sekitarnya.Pokoknya setiap rumah itu harus bersih dan sehat,jadi nanti kita dapat terhindar dari penyakit Virus Corona ( Covid-19 ) dan DBD," imbuhnya.


" Kegiatan ini kami berharap tidak cukup sekali saja mungkin satu atau dua bulan terus di laksanakan biar warga di lingkungan RT 03/07 bersih dan sehat," tutupnya.


Usman/Haryo