Fokus Penanganan Covid 19, RSUD Kota Tangerang Tidak Terima Pasien Umum

Advertisement

Fokus Penanganan Covid 19, RSUD Kota Tangerang Tidak Terima Pasien Umum

Tuesday, 21 April 2020



PostNewsTime-Tangerang.Dalam rangka memaksimalkan penanganan kasus Covid-19 di Kota Tangerang, mulai 20 April, RSUD Kota Tangerang tidak menerima pelayanan untuk pasien selain Covid 19. Hal ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan dan memprioritaskan pelayanan rawat inap untuk para pasien Covid-19, yang merupakan rujukan dari Puskesmas atau Rumah Sakit.


Penutupan sementara ini juga merujuk instruksi Wali Kota Tangerang Nomor 5 Tahun 2020, tentang penunjukkan RSUD Kota Tangerang, sebagai rumah sakit yang menangani Covid19 di wilayah Kota Tangerang.


"Upaya ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan wabah Covid 19 serta mengantisipasi agar tidak terjadi penularan kepada pasien rawat inap biasa atau rawat jalan yang berobat ke RSUD Kota Tangerang," ungkap Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr Henny Herlina, Senin (20/4).


Henny pun menuturkan, untuk sementara waktu masyarakat bisa menggunakan pelayanan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lain. Pasalnya, dengan adanya Pandemi Covid-19, dikhawatirkan akan menyebar ke pasien lain atau pengunjung.


Ia berharap, dengan keputusan ini, diharapkan penanganan Covid-19 di RSUD Kota Tangerang bisa lebih optimal. Seluruh tenaga medis pun dapat bekerja tanpa rasa khawatir terjadinya penularan virus ke pasien rawat biasa atau keluarga pasien yang datang ke RSUD Kota Tangerang.


Sementara itu, Humas RSUD Tintin Supriatin menjelaskan untuk pasien yang berobat atau dirawat di RSUD akan diarahkan ke fasilitas kesehatan (Faskes) lain yang bekerjasama dengan BPJS.


“Untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSUD Kota Tangerang, akan ditunggu hingga benar-benar sembuh dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter,” ujarnya.


Sementara, untuk pasien baru yang dirawat di RSUD Kota Tangerang disarankan untuk sementara dirawat di rumah sakit lain. “Karena dua minggu kedepan yang diterima di RSUD Kota Tangerang adalah pasien khusus corona,” terangnya seraya menerangkan RSUD Kota Tangerang siap menampung 100 pasien Covid-19.


Usman/Haryo/Hms