Hari Pertama di Bulan Ramadhan, Kodim Cilacap Dirikan Dapur Lapangan Cukupi Kebutuhan Warga Status ODP -->

Advertisement

Hari Pertama di Bulan Ramadhan, Kodim Cilacap Dirikan Dapur Lapangan Cukupi Kebutuhan Warga Status ODP

Monday, 27 April 2020






Postnewstime l Cilacap - Berbagai upaya telah dilakukan Kodim 0703/Cilacap terhadap warga masyarakatnya ditengah pandemik Covid-19 mulai dari himbauan kepada warga masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah, mengadakan penyemprotan disinfectan, patroli di daerah perbatasan dengan wilayah lain hingga membagikan masker dan paket sembako kepada warga yang kurang mampu. 

Dampak merebaknya Covid-19 ini tentu berdampak besar bagi perekonomian warga terutama dalam memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya. Seperti kali ini, dihari pertama di bulan suci ramadhan ini, wujud kepedulian terhadap mereka, Kodim 0703/Cilacap kembali melakukan aksi sosial dengan mendirikan Dapur Lapangan di Area Makodim untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 di wilayahnya, Jumat (24/4/20).


Dapur ini digunakan untuk memasak makanan yang akan didistribusikan kepada warga Cilacap berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP). Lokasi sasaran kali ini yaitu di Jln Sirkaya dan Jln. semangka Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan. Kegiatan ini akan terus berlanjut dan menitik beratkan kepada warga yang terdampak Covid-19. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE., M.Tr (Han) kepada awak media. 

" Kita akan selalu terus-menerus melakukan hal ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan, setiap Jumatnya, berpindah dari satu titik ke titik selanjutnya, kita lihat titik kuatnya dimana strong point kegiatan yang membutuhkan kehadiran kita, itulah yang menjadi sasaran kita, " Jelas Dandim. 

Ini adalah suatu upaya kepedulian kita terhadap masyarakat yang berstatus ODP, tentu mereka harus mendapat perhatian kita. Selain atas kedisiplinan mereka, ketekunan mereka didalam menjalankan fase ini, inilah salah satu apresiasi kita yang kita lakukan," imbuhnya. 

Menurutnya, makan makanan matang ini dikirim dikarenakan ada kemungkinan masyarakat kesulitan untuk masak sehingga harapannya hal ini memudahkan mereka untuk mendapatkannya. "Maka dari itu, kita datang dari pintu ke pintu "door to door" kita datangkan makanan kesana sehingga mereka tidak kemana mana, jadi social distancing dan physical distancing tetap terjaga, itu tujuan kita, " terangnya. 

Pada sesi pertama ini, dapur telah membuat 800 makanan. Makanan itu dikirim ke beberapa titik yang sudah ditentukan yaitu di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

"Saat ini kami memberikan di tempat terjangkau terlebih dahulu. Selanjutnya kami akan bergerak terus. Untuk itu, kami mohon doa restunya supaya kita bisa selalu memberikan suport kepada masyarakat," kata Letkol Inf Wahyo. 

Sementara itu, menurut Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan gotongroyong, saling bantu membantu dan juga kepedulian bersama terhadap warga yang terdampak Covid-19. Pembuatan dapur lapangan ini salah satu bentuknya terhadap warga yang terdampak Covid-19 bahwa Cilacap memperhatikan saudara kita yang ODP karena Covid ini. 

" Kegiatan ini tidak hanya hari ini, namun dalam beberapa hari kedepan. Karena kepedulian inilah maka saya terima kasih kepada teman-teman saya, pak Dandim, Danlanal dan Kapolres atas terselenggaranya Dapur Lapangan ini. Mari bersama kita lawan Covid-19 ini, " tandasnya. 

(Urip/Red)