Cegah Corona, Anggota jajaran Kodim Cilacap Perketat Pemeriksaan Semua Jalur Masuk ke Cilacap -->

Advertisement

Cegah Corona, Anggota jajaran Kodim Cilacap Perketat Pemeriksaan Semua Jalur Masuk ke Cilacap

Tuesday, 5 May 2020





Postnewstime l Cilacap-Upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan pembatasan sosial, dengan memperketat pemeriksaan akses masuk di setiap daerah.

Hal tersebut juga dilakukan aparat gabungan bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cilacap yang tersebar di wilayah Kecamatan. Demi menegakan upaya pemerintah untuk bersatu melawan corona, seluruh jalur masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap baik darat mauapun laut akan diperiksa dengan ketat.

Aparat gabungan yang terdiri dari anggota TNI jajaran Kodim 0703 Cilacap, jajaran Polres Cilacap, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, PMI, dan Dinas Kesehatan wilayah setempat mengamankan beberapa titik strategis yang menjadi akses masuk ke Cilacap diantaranya arah Timur Pos Jetis dan Pos Sampang, kemudian dari arah barat ada Pos Mergo Dayeuhluhur, Pos Rawaapu Patimuan, serta Pos Pelabuhan Seleko. 


Secara intensif aparat gabungan melakukan pengamanan dan pemeriksaaan terhadap setiap kendaraan dan penumpang yang masuk maupun melintas ke wilayah Kabupaten Cilacap, Minggu (3/5).

Menurut pantauan  Danramil Dayeuhluhur Kapten Inf Agus Wantoro di Pos Mergo Kecamatan Dayeuhluhur. Kondisi masih terpantau aman dan lancar, tidak ada lonjakan kendaraan mauapun orang yang masuk dari  arah barat Cilacap. Selain itu dari Tim Medis juga belum menemukan adanya orang yang mengalami keluhan sakit yang terindikasi terpapar Covid-19.


"Operasi pengamanan akses masuk yang kita lakukan bersama aparat gabungan di semua Pos Pantau merupakan satu bentuk sinergitas lintas sektoral untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19. Disamping itu kami sebagai unsur keamanan juga memberi kebutuhan dasar berupa rasa aman bagi masyarakat di Kabupaten Cilacap agar tidak khawatir terinfeksi virus corona," terangnya.

Lebih lanjut dirinya menghimbau kepada masyarakat di wilayah agar jangan panik, tetap tenang, laksanakan aktifitas sesuai ketentuan dan anjuran protokol kesehatan. Tetap waspada dengan menerapkan social distancing maupun physical distancing.

" Kita disini sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah masuknya Covid-19, upaya ini tentunya perlu dukungan dari segenap masyarakat dengan sadar dan lebih disiplin dalam mematuhi himbauan pemerintah terkait pencegahan virus corona, ingat kita harus harus bersatu melawan Covid-19,  untuk itu stay at home (tetap dirumah), biasakan PHBS dan jangan lupa pakai masker apabila keluar rumah," harap Danramil.


Jurnalis: Urip /Red