Serma Mustadi : Peran Serta Masyarakat Sangat Penting Agar Penyebaran Covid-19 Bisa Dihentikan

Advertisement

Serma Mustadi : Peran Serta Masyarakat Sangat Penting Agar Penyebaran Covid-19 Bisa Dihentikan

Wednesday, 6 May 2020






Postnewstime l Cilacap.- Peran serta masyarakat sangat penting agar penyebaran Covid-19 bisa dihentikan. Pernyataan tersebut disampaikan Babinsa Koramil 09/Kawunganten Serma Mustadi saat menjadi Narasumber Penyuluhan Tanggap Darurat Bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ujungmanik bertempat di Balai Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten, Selasa (5/5/20).


Serma Mustadi juga menjelaskan, Covid-19 juga menjadi salah satu jenis bencana yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat dunia. Penyebarannya sangat cepat dan hampir sebagian negara di dunia telah terpapar virus ini. Berbagai upaya untuk memerangi sudah dilakukan termasuk negara Indonesia. Upaya tersebut akan berhasil manakala masyarakatnya disiplin dan selalu mentaati anjuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 


" Termasuk juga warga Desa Ujungmanik ini. Untuk itu, mari bantu Satgas Covid-19 dengan cara stay home atau tetap berada didalam rumah, menjaga jarak sosial, rajin cuci tangan dan gunakan masker bila terpaksa harus keluar rumah", jelasnya.

Menurutnya, peran serta masyarakat dalam memerangi Covid-19 ini bisa dilakukan dengan cara memantau dan melaporkan langsung ke Gugus Tugas penanggulangan penyebaran Covid-19, apabila ada warganya yang pulang dari perantauan agar bisa sesegera mungkin dilakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terjangkitnya virus sehingga bisa segera diambil langkah dalam pencegahan penyebarannya. 

" Untuk hal ini, saya minta Ketua RT sebagai ujung tombak di tingkat terbawah bisa mendata dan melaporkan warganya yang pulang dari perantauan, periksakan kesehatannya dan lakukan isolasi secara mandiri. Ini yang harus kita lakukan karena hal ini merupakan wujud dari cegah dini," lanjutnya.

Mengakhiri penyampaian materinya, Serma Mustadi mengajak agar semua yang kita lakukan diniatkan karena ibadah dan ikhlas, sehingga kita tidak hanya mendapatkan kebaikan di dunia tapi juga mendapatkan kebaikan di akhirat.

Sementara itu, Kasi Trantibum Kecamatan Kawunganten, Maryoto yang juga selaku narasumber kegiatan itu juga menjelaskan bahwa bencana harus di tanggulangi oleh Pemerintah, Badan usaha dan masyarakat sehingga harus bersinergi dan bekerjasama agar bencana tersebut dapat diatasi dan bisa meminimalisir jumlah korban. Penyampaian materi lain juga disampaikan Babinkamtibnas Desa Ujungmanik agar masyarakat mentaati aturan yang ada dan bersama-sama membangun desa dengan mengawasi program desa supaya tepat sasaran.

Kegiatan penyuluhan tanggap darurat bencana ini, diikuti lebih kurang 80 orang diantaranya Kepala Desa Ujungmanik beserta para perangkatnya, para Kepala Dusun, Ketua RW dan RT se Desa Ujungmanik.

Jurnalis : Urip / Red