Fase Masa Transisi 5 Taman di Jakarta Selatan Resmi Dibuka -->

Advertisement

Fase Masa Transisi 5 Taman di Jakarta Selatan Resmi Dibuka

Minggu, 14 Juni 2020





Postnewstime l Jakarta,- Seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB,red) masa transisi Fase I, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara bertahap akan kembali membuka sejumlah tempat publik. 


pantauan awak media di Taman Kebagusan 1 pada Sabtu (13/06/2020) pagi terlihat warga sekitar taman tersebut kembali menikmati suasana Taman Kebagusan 1.



Sebelum mereka memasuki area Taman, Pasukan Pamdal (Pengamanan Dalam,red) tampak memberikan informasi terkait pemberlakuan tahap awal masa transisi PSBB. 


Dalam hal ini  Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan secara bertahap akan membuka lima taman kota yang berada di kawasan tersebut.


H.Winarto, SP,M.Si mengatakan, ”Alhamdulillah, hari ini Sabtu (13/06/2020) resmi 5 Taman diwilayah Jakarta Selatan telah dibuka kembali. Tim PJLP melalui Kasatpel masing-masing kecamatan telah menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan SOP protokol kesehatan. Pembukaan Taman ini hingga pada Minggu (28/06/2020) mendatang. Semoga semua berjalan sesuai harapan kita semua,” jelas H.Winarto.



Winarto menyebutkan, adapun lima taman yang dibuka yakni Taman Tebet, Taman Kebagusan I di Pasar Minggu, Taman Tabebuya di Jagakarsa, Taman Gandaria Tengah di Kebayoran Baru dan Taman Swadarma di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.



Winarto menambahkan dengan dibukanya pembukaan kembali RTH bisa memutuskan pandemi COVID-19.



Lebih lanjut Winarto menjelaskan, “Bisa dilihat langsung kan dilokasi ini, Taman Kebagusan hingga sore hari jumlah pengunjung 30 orang, dan mereka pun menjalankan aturan yang ada. Kami sengaja memasang banner besar dipintu masuk Taman, dengan harapan masyarakat membaca terlebih dahulu tatacara memasuki Taman selama masa transisi ini, dan dipandu oleh Petugas kami. Pamdal telah standby selama 24 jam. Dibuka mulai pukul 06:00 sampai dengan pukul 10:00 wib, kemudian dilanjutkan lagi dibuka pukul 14:00 sampai dengan pukul 17:00 wib. Pengunjung sebelum masuk kedalam area taman terlebih dahulu dicheck Thermometer Infrared Gun termometer Digital virus corona Suhu Badan , kemudian mengisi buku tamu dengan menyertakan identitas diri dan nomor tlp. Dengan kapasitas pengunjung 50% dari ya seharusnya contoh Taman Kebagusan I dari kapaditas 70 orang maka yang diijinkan pengunjung  berada di area taman maximum 35 orang. Dan keputusan untuk membuka taman ini telah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya yakni dengan hanya membuka satu pintu untuk akses keluar masuk taman. Langkah itu dilakukan untuk mempermudah penjagaan, “ urai Winarto.



Dalam masa transisi menuju masyarakat yang aman, sehat, dan produktif, Pemprov DKI Jakarta melakukan periode edukasi dan pembiasaan terhadap pola hidup sehat dan aman sesuai protokol COVID-19. Selanjutnya, periode transisi dari masa pembatasan menuju perluasan kegiatan sosial-ekonomi produktif.


Masa transisi dirancang dengan dua fase: Fase I dan Fase II. Setiap fase berlaku satu bulan dan bisa diperpanjang sesuai hasil pemantauan kondisi pengendalian wabah COVID-19.


Pemprov DKI Jakarta juga akan menerapkan protokol kesehatan sebagai aturan utama dalam masa transisi ini untuk menghindari laju peningkatan penularan COVID-19. (Hrs/red)