Kampung Baca Kecamatan Benda Wakil Lomba Perpustakaan Tingkat Banten -->

Advertisement

Kampung Baca Kecamatan Benda Wakil Lomba Perpustakaan Tingkat Banten

Wednesday, 1 July 2020



PostNewsTime-Tangerang.Perpustakaan Kampung Baca, mewakili Kota Tangerang dalam lomba Perpustakaan tingkat Provinsi Banten 2020. Tim penilai Provinsi Banten, melakukan tinjauan dan penilaian langsung ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM), di Kampung Bangun Cita-Cita (Baca), Jalan Husein Sastranegara, RT 01/010, Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Selasa (30/6/20).


Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang, Sayuti mengatakan, Perpustakaan Kampung Baca, Kecamatan Benda bukan sekadar Perpustakaan. Memiliki kegiatan pendidikan dan pelatihan, lingkungan dan kesehatan serta pemberdayaan ekonomi.


"Perpustakaan Kampung Baca juga melakukan inovasi menjadikan lokasi perpustakaan sebagai pusat belajar. Terlebih, mengembangkan bakat anak-anak dengan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif," ungkap Sayuti.


Lanjutnya, Perpustakaan Kampung Baca, Kecamatan Benda menjadi lokasi favorit anak-anak dan warga sekitar. "Tidak membosankan seperti yang dibayangkan karena menjadi wadah baru selain sekolah untuk meningkatkan kompetensi," katanya.


Sementara itu, Camat Benda, Ayi Nurdayin, mengatakan, Kampung Baca yang dilengkapi perpustakaan dan beragam jenis buku, lahir dari gagasan kampung tematik.


"Karena ini dibangun dari keresahan masyarakat terhadap minimnya minat baca, serta satu pemikiran yang sama antar warga. Membuat komitmen dan konsisten terhadap Kampung Baca terus terjalin hingga kini," ungkap Ayi.


Lanjutnya, menjadi juara tingkat provinsi tentu menjadi harapan, namun bukan target. Pasalnya, harapan Kampung Baca ialah bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya, untuk ikut dan terus mencerdaskan penerus bangsa.


Usman/Haryo/Hms