Pengembangan Dan Peningkatan Ekonomi,Kelurahan Benda Budi Daya Ikan Lele Di Ember -->

Advertisement

Pengembangan Dan Peningkatan Ekonomi,Kelurahan Benda Budi Daya Ikan Lele Di Ember

Thursday, 9 July 2020



PostNewsTime-Tangerang.Melihat kondisi saat ini warga masyarakat Kelurahan Benda merasakan sekali dampak dari pada pademi covid 19.


Hal itu demikian dikatakan Sekel Kelurahan Benda Syukur Ya’qub,dengan semakin menyempitnya potensi lahan di wilayah perkotaan yang bisa dimanfaatkan, maka pemanfaatan pekarangan merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih.


“ Yakni yang digunakan untuk mendukung  pembangunan pertanian pada umumnya dan pembangunan perikanan pada khususnya,” Ujar Syukur Ya’qub,Senin ( 06/07/2020),Kelurahan Benda Kecamatan Benda,Kota Tangerang.


Ia menuturkan,warga masyarakat Kelurahan Benda yang notabene bekerja pada sektor jasa diantaranya sebagai Porter di Bandara Soekarno Hatta,
menjadi housekeeping di hotel -hotel.


“ Dagangan menjadi sepi pembeli, berimbas pada pendapatan yang berkurang, untuk itu kami pemerintah kelurahan Benda berupaya agar dapat membantu warga untuk tetap bertahan dalam kondisi covid -19 ini,dengan cara membudidayakan ikan lele di ember, ” Tutur Sekretaris Kelurahan Benda Syukur Ya’qub.


" Melihat kondisi wilayah Kelurahan Benda dan keterbatasan lahan yang ada ,maka budidayakan lele dalam ember ini yang paling tepat untuk warganya," sambungnya.


Kembali Syukur Ya'qub mengatakan dengan begitu warga tidak harus mempunyai lahan yang luas, Dengan sebuah ember warga sudah bisa membudidayakan ikan lele dirumahnya masing-masing.


Menurut nya,dengan membudidayakan ikan lele,warga dapat menjualnya atau bisa dikomsumsi sendiri,kebalikan dari budidaya lele secara konvensional.Jika budi daya dalam ember,kita hanya memerlukan ember yang berukuran kecil yang dapat menampung air sekitar 80 sampai 100 liter.


Selanjutnya,kelebihan budidaya ini kita dapat memanen ikan dan juga bisa menanam kangkung di dalamnya.Nantinya, kangkung yang ditanam tersebut dapat kita panen juga.Jadi, selain kita bisa memanen ikan lele,kita juga bisa memanen kangkung yang kita tanam tadi.


" Ya,banyak jadi keuntungan budidaya lele dengan sistem budikdamber ini dan tujuannya untuk ketahanan pangan serta peningkatan ekonomi warga masyarakat Kelurahan Benda,program ini ke depan akan keberlanjutan dan berjalan dengan baik," Pungkasnya.


Usman/Haryo/Hms