Polresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini Memiliki Kantor Baru -->

Advertisement

Polresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini Memiliki Kantor Baru

Tuesday, 28 July 2020











Postnewstime l Tangerang. - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) kini memiliki gedung baru yang diresmikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sujana dengan melakukan pemotongan pita sebagai simbolik peresmian.

Selain meresmikan kantor baru milik Polres jajaranya, orang nomor satu di jajaran Polda Metro Jaya (PMJ) itu pun langsung meninjau seluruh ruangan di bangunan yang beralamat di Jalan C4 Gedung 641, Bandara Soetta, Tangerang, Banten tersebut, Selasa (28/7/2020).


Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana memaparkan, di Bandara Soetta (selain penumpang domestik) juga banyak orang asing dari mancanegara yang setiap kunjungan ke Indonesia selalu melewati Bandara tersebut. 

Dengan hal itu, jendral Polisi dengan bintang dua di pundaknya itu menyebut, diperlukan adanya pihak keamanan di kepolisian yang bertugas bersama-sama dengan TNI untuk mengamankan lembaga internasional.

"Selama ini juga kita melakukan pengungkapan adanya narkoba, kemudian juga terkait ada para pelaku yang main di Cargo ataupun bongkar bagasi," ungkap Nana Sujana.

"Kita lihat juga ada petugas yang sudah memakai (seragam) pengawas Covid 19, tentunya masyarakat pendatang yang  ke Jakarta sudah mengetahuinya," terang Nana, menambahkan.

Pemegang tongkat komando PMJ itu mengungkapkan, perkembangan di Bandara Soetta sudah membaik dari 30 persen sampai 40 persen. Menurutnya, hal itu telah menunjukan bahwa perekonomian sudah mulai tumbuh kembali di tengah pandemi Covid-19.

"Berdampingan dengan pandemi Covid-19, pihak kepolisian bersama TNI terus melakukan penegakan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut untuk terus memutus rantai penyebaran virus Covid-19," tegasnya.

Hadir dalam kegiatan, Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Hendro Pandowo, Danrem 052 Wijayakrama, Brigjen TNI Tri Budi Utomo, Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono, Dandempom Jaya 1, Letkol Cpm Yudho Pramono, Wadan Yon 203 AK, Mayor Inf Ricky Fadly. EGM PT Angkasapura II, Agus Haryadi.

Sementara itu, Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Ade Ferdian Saputra menjelaskan, Polresta Bandara Soetta memiliki luas 2.133 KM2 terdiri dari 5 terminal dan 576 personil yang dibantu oleh personil dari Kodim, Security Bandara AP II dan Bea Cukai Bandara Soetta.

"Bandara Soeta merupakan satu-satunya yang memiliki Polres dan kendala kami adalah tentang lahan parkir yang kurang memadai. Bandara Soetta merupakan obyek vital sehingga membutuhkan pengaman yang ekstra," terang alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 98 itu, di hadapan tamu undangan yang menghadiri peresmian.

Selaras dengan hal itu, Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin juga menyebut, Bandara Soetta adalah Bandara terbesar di Indonesia dan juga nomor 17 terbesar di dunia (dari) konteks aktivitas perjalanan banyak orang, baik domestik maupun internasional.

Muhammad Awaludin berharap, dengan selesainya pembangunan serta fasilitas penunjang operasional, dapat menjadi lebih baik lagi dari segi pengamanan, proses penegakan hukum, perlindungan masyarakat, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"(Polres) Bandara memang layak secara kualitas internasional untuk melayani seluruh stakeholder dan pengguna jasa di Bandara. Sekali kami lagi dari PT AP 2 Persero, mengucapkan selamat atas pengoperasian gedung baru Polresta Bandara Soetta," tandas Muhammad Awaludin.

Hadir juga di lokasi, Ka Otban Wil I Bandara Soetta, Herson, para Kapolres jajaran serta pejabat utama Polda Metro Jaya. Ka KPU type C Bea Cukai Bandara Soetta, Finari Manan, perwakilan Kantor Imigrasi Wil I Bandara Soetta, Fernando, SM. PT. Angkasapura II, Oka Setyawan, Ka Kantor Balai Besar Karantina Ikan Soetta, Habrin Yake, kepala KKP Anas Maruf.

Jurnalis : By/Red