Prestasi Fenomenal Kampung Baca Kecamatan Benda Di Tingkat Provinsi Banten -->

Advertisement

Prestasi Fenomenal Kampung Baca Kecamatan Benda Di Tingkat Provinsi Banten

Monday, 27 July 2020



PostNewTime-Tangerang.Tak sia-sia selama ini untuk kerja keras yang di lakukan secara marathon dan estafet dalam tujuan yang baik guna membangun wilayah dan meningkatkan budaya literasi bagi generasi muda,Keberadaan Kampung Baca di lingkungan RT 01/10 Kelurahan Benda Kecamatan Benda,Kota Tangerang telah meraih suatu prestasi fenomenal dan layak di beri aplaus yakni Juara 2 Lomba Perpustakaan Sekolah Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2020.


Ayi Nuryadin Camat Benda mengatakan Kampung Baca yang diresmikan sejak 2017,hingga pada 2018 Kampung Baca menjadi salah satu kampung tematik Kota Tangerang.Ada tiga program unggulan utama, pertama adalah pendidikan dan pelatihan, lingkungan dan kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi diikuti lebih dari 360 anak di Kecamatan Benda.


Ia menambahkan Lomba perpustakaan Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Banten Tahun 2020 baik Tingkat Desa/Kelurahan,khusus Kota Tangerang ada Perpustakaan yaitu Kampung Baca Kecamatan Benda yang di mulai awalnya mengikuti lomba perpustakaan di Tingkat Kota Tangerang dan berhasil juara 1 sehingga mendapatkan garansi untuk mewakili Kota Tangerang lomba perpustakaan di Tingkat Provinsi Banten.


" Perpustakaan Kampung Baca Kecamatan Benda sangat aktif sekali dan bagus di bawah pimpinan atau sang inisiator Abdurrohman yang memang setiap harinya aktifitasnya berjalan efektif dan efisien.Banyak anak-anak membaca buku-buku edukatif serta menjadi sarana belajar bagi anak-anak,selain itu Kampung Baca ini meningkatkan dan mencintai budaya literasi maupun ilmu pengetahuan kepada tumbuh kembang si anak-anak," Ujar Ayi Nuryadin saat berikan keterangan press,Rabu ( 23 Juli 2020 ).


" Harapannya ini dapat di ciptakan di tiap-tiap lingkungan Tingkat Kelurahan yang berada di Wilayah Kecamatan Benda dan ini akan kami lakukan untuk ke depannya terutama Kampung-kampung Tematik yang sudah bergerak.Mudah-mudahan Kampung Baca ataupun Pojok Baca harus ada di setiap Kampung Tematik khususnya di Wilayah Kecamatan Benda," Imbuhnya.


Masih kata Ayi Nuryadin,Keberadaan Kampung Baca ini menjadi masyarakat,baik itu anak-anak,remaja bahkan generasi muda semakin gemar membaca untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul di wilayah Kecamatan Benda.


" Kampung Baca ini adalah inspirasi kita semua untuk mencetak generasi muda yang berakhlaqul karimah,solid dan unggul dalam segala aspek bidang mana pun dari segi hal yang positif," Tuturnya.


Sementara itu,Farid Ferdian Kasie Tapem Kelurahan Benda menerangkan pencapaian prestasi yang telah di raih Kampung Baca RT 01/10 Kelurahan Benda di Tingkat Provinsi Banten Tahun 2020 ini sangat luar biasa sekali,karena kami juga baru pertama kali mengikuti ajang Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Banten dan kami pun berhasil meraih Juara 2 yang karena memang kita mewakili Kota Tangerang tindak lanjut dari Lomba Pojok Baca di Tingkat Kota Tangerang.


" Kita sudah berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan segala halnya untuk mendapatkan yang terbaik dan dalam lomba inipun persaingannya sangat ketat dan cermat,tapi hasilnya apa pun kita patut bersyukur dan bangga," Ungkapnya.


Menurutnya,pencapaian ini tidak terlepas dari Pemerintah Kota Tangerang, Abdurrohman Inisiator Kampung Baca,Rusdi Ketua RT 01/10 Kelurahan Benda juga masyarakat maupun berbagai pihak lainnya termasuk Akademisi, dan pelaku usaha.


" Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensuport Kampung Baca RT 01/10 Kelurahan Benda dan peran serta masyarakat sangat di butuhkan sekali demi eksistensinya Kampung Baca kian solid,karena memang ini untuk masa depan generasi pencetus dan penerus," Papar Farid Ferdian.


" Semoga dengan capaian prestasi yang saat ini dapat sebagai dorongan semangat kita bersama untuk terus meraih hasil yang lebih baik lagi di Tingkat Provinsi Banten maupun Tingkat Nasional," Tukasnya.


Sebagai informasi Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juni s.d 1 Juli 2020 dan diikuti oleh perwakilan 7 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten. Juri pada lomba ini adalah unsur pustakawan dan pejabat struktural di lingkup DPK Provinsi Banten.Pemenang lomba telah diumumkan pada hari Kamis, 16 Juli 2020 melalui daring (aplilasi zoom meeting), dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juli 2020 oleh plt Kepala DPK Provinsi Banten didampingi pejabat terkait.


Usman/Haryo/Hms