Semakin Gencar Penanganan Covid 19, Pemkot Tangerang Latih Tenaga Medis Puskesmas -->

Advertisement

Semakin Gencar Penanganan Covid 19, Pemkot Tangerang Latih Tenaga Medis Puskesmas

Friday, 17 July 2020



PostNewsTime-Tangerang.Meningkatkan kesiapsiagaan penanganan Covid 19, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan menggelar On The Job Training (OJT), melatih tenaga kesehatan dalam pengambilan sampel swab Covid-19, di halaman Kantor Kecamatan Benda, Rabu (8/7/20).


“Sebagai tahap awal, ini baru dilakukan untuk 38 tenaga kesehatan di Puskesmas Jurumudi dan Benda secara drive thru. Nantinya, kegiatan ini akan terus bergilir keseluruh Puskesmas di Kota Tangerang guna meningkatkan kemampuan seluruh tenaga kesehatan, mempercepat training penyebaran virus Corona di Kota Tangerang,” ungkap Kepala Puskesmas Jurumudi Baru, dr. Sri Nurdjunaida.


Lanjutnya, kegiatan OJT ini ditargetkan semua Puskesmas di Kota Tangerang agar SDM yang handal dalam penanganan situasi Covid-19 semakin banyak. Maka, diharapkan ini menjadi awalan baru untuk memulai pengambilan swab di Puskesmas demi meningkatkan kesiapsiagaan dan percepatan dalam penanganan Covid-19.


“Dengan kemampuan para analis ini, bisa mengantisipasi kebutuhan pengambilan spesimen swab test yang meningkat, serta dapat melakukan pengepakan dan pengiriman specimen swab, apabila sewaktu-waktu harus dikerjakan di wilayah masing-masing,” katanya.


Sementara itu, Camat Benda, Ayi Nuraddin, menyambut baik kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan dan Puskesmas Benda beserta Jurumudi. Kata Ayi, pelonggaran PSBB memang sudah diterapkan di Kota Tangerang. Namun, bukan berarti seluruh pihak lengah akan adanya Virus Corona.


“Maka itu, saya berharap hasil dari pelatihan ini bisa membuat semua pihak bisa semakin gencar dalam melacak, menangani dan memutus rantai penyebaran Corona. Terutama dilokasi-lokasi yang dideteksi sebagai lokasi penularan baru,” tutup Ayi.


Usman/Haryo/Hms